-->

FOLLOW BY EMAIL

Friday, 18 January 2013

Asal-Usul Nama Perusahaan Komputer

Mungkin dari kita ada sebagian yang sudah tau ataupun belum tentang asal-usul dari beberapa perusaan komputer terkenal di dunia berikut ini. Disini saya akan berbagi pengetahuan tentang hal tersebut yang saya dapatkan dari berbagai sumber :

 
Apple ComputersApple (apel) adalah buah favorit dari Steve Jobs, pendiri Apple Computers. Pada saat mencari nama perusahaan untuk bisnisnya, dia menantang koleganya untuk memberi usulan nama, dan perusahaan tsb akan dinamakan Apple Computers kalau sampai jam 5 (kala itu) tidak ada usulan nama yang lebih baik.
CISCOCISCO bukanlah akronim dari nama populer. Nama tersebut singkatan dari San Fransisco.
CompaqAwalnya dinamakan COMp untuk komputer, dan PAQ untuk komponen-komponen kecil.
ORACLELarry Ellison dan Bob Oats bekerja pada proyek konsultan untuk CIA (Central Intelligence Agency). Nama proyek tersebut Oracle (CIA mendapatkan nama ini sebagai sistem yang menjawab segala pertanyaan). Proyek ini dirancang untuk membantu penggunaan kode SQL yang baru diperkenalkan oleh IBM. Proyek ini ditutup tapi Larry & Bob memutuskan untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai dan memperkenalkannya ke seluruh dunia. Mereka tetap menggunakan nama Oracle dan menciptakan mesin RDBMS. Kemudian mereka menamakan perusahaan mereka dengan nama yang sama.
SonyBerasal dari kata Latin ’sonus’ yang berarti suara, dan ’sonny’ sebuah kata slang yang digunakan orang-orang di Amerika untuk menyebut anak muda yang berotak cerdas.
SUNDidirikan oleh 4 sekawan dari Stanford University, SUN adalah singkatan dari Stanford University Network. Andreas Bechtolsheim membangun sebuah microcomputer; Vinod Khosla merekrut dia dan Scott McNealy untuk membuat komputer dari konsep tsb, dan Bill Joy membangun sistem UNIX sebagai operating sistemnya.
Yahoo!Kata tersebut diciptakan oleh Jonathan Swift and digunakan di bukunya yang berjudul ‘Gulliver’s Travels’. Kata tersebut berarti seseorang yang perawakannya biasa dan bertindak sangat manusiawi. Pendiri Yahoo! Founders Jerry Yang and David Filo memilih nama tersebut karena mereka menganggap diri mereka sebagai Yahoo.
IntelBob Noyce dan Gordon Moore sebenarnya menginginkan nama perusahaan itu ‘ Moore Noyce’ tapi sudah dipaten oleh sebuah jaringan hotel, jadi mereka akhirnya membuat singkatan dari INTegrated ELectronics.
Lotus (Notes)Mitch Kapor mendapatkan nama ini dari ‘The Lotus Position’ or ‘Padmasana’. Kapor adalah mantan guru di Transcendental Meditation of Maharishi Mahesh Yogi.
MicrosoftDinamakan oleh Bill Gates untuk mewakili kata MICROcomputer SOFTware. Awalnya bernama Micro-Soft, tapi akhirnya tanda ‘-’ dibuang.
MotorolaPendirinya, Paul Galvin mendapatkan nama ini ketika perusahaannya mulai memproduksi radio mobil. Perusahaan radio mobil yang populer pada saat itu adalah Victrola.
CorelDiambil dari nama pendirinya, Dr.Michael Cowpland. Singkatan dari COwpland REsearch Laboratory.
GoogleNama ini dimulai dari gurauan mengenai jumlah informasi yang dapat diproses oleh search-engine. Awalnya dinamakan ‘Googol’, sebuah kata yang mewakili sebuah angka yang diikuti 100 angka nol. Setlah pendirinya Stanford (lulusan Sergey Brin) dan Larry Page memperkenalkan proyek mereka ke sebuah investor, dan mereka menerima cek atas nama ‘Google’
HotmailPendirinya, Jack Smith mendapatkan ide untuk mengakses email melalui website dari komputer manapun di belahan dunia. Ketika Sabeer Bhatia muncul dengan rencana bisnis email, dia mencoba semua kemungkinan nama yang belakangnya ada kata ‘mail’ dan akhirnya didapat hotmail di mana di dalamnya ada huruf-huruf ‘html’ – bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website. Jadi bisa juga dikatakan singkatan dari HoTMaiL.
Hewlett PackardBill Hewlett dan Dave Packard melempar koin untuk menentukan nama perusahaan mereka Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett.

Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS