-->

Follow by Email

Selasa, 15 Januari 2013

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan



Tidur yang berkualitas merupakan komponen mutlak untuk kesehatan Anda. Selain waktu tidur yang harus mencukupi, rupanya postur tubuh ketika tidur juga penting untuk diperhatikan agar mendapatkan manfaat istirahat yang lebih optimal.

Banyak orang yang pergi tidur tanpa rasa sakit, tetapi tubuhnya terasa kaku dan nyeri di pagi hari. Beberapa orang lainnya bahkan tidak dapat tidur nyenyak sepanjang malam dan harus terbangun karena nyeri punggung dan leher yang intens akibat kesalahan posisi tidur.

Untuk mencegah kedua hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan postur tubuh ketika tidur. Posisi tidur yang optimal dapat melindungi tulang belakang, memungkinkan tubuh untuk beristirahat secara efektif dan memaksimalkan manfaat tidur bagi kesehatan keseluruhan.

Postur tubuh seseorang baik itu di siang hari atau malam hari memainkan peran yang sangat besar dalam kesehatan tulang dan sistem saraf. Postur tubuh yang buruk menyebabkan masalah dengan tulang belakang yang dapat menyebabkan tantangan kesehatan seperti sakit kepala, nyeri leher dan sakit punggung.


Selain itu, kelainan tulang belakang dapat mengganggu fungsi saraf dalam tubuh hingga menyebabkan lambatnya penyembuhan terhadap nyeri punggung, malfungsi organ dan tantangan sistem kekebalan tubuh.

Agar postur tubuh tidak terganggu ketika tidur, hindari beberapa posisi tidur berikut ini:

1. Tidur tengkurap
Tidur tengkurap membuat Anda harus memalingkan wajah ke salah satu sisi yang dapat menyebabkan respon peregangan panjang di ligamen dan menyebabkan deformitas ligamen plastik dan kerusakan tulang belakang.

2. Tidur dengan bantal yang terlalu besar
Tidur dengan bantal besar di bawah kepala dapat menyebabkan hyperflexion dan uluran leher. Hal ini juga dapat menyebabkan deformitas plastik yang menyebabkan postur kepala agak maju.

Hal ini sangat berbahaya karena postur kepala ke depan telah terbukti menurunkan kapasitas paru-paru, mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan sel-sel tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kondisi asma, sleep apnea dan penyakit kardiovaskular.

Postur kepala yang terlalu maju juga mempengaruhi sistem pencernaan yang mengarah ke sembelit, mencegah penyerapan nutrisi, dan sindrom iritasi usus besar.

Sebaliknya, berikut adalah posisi tidur yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti dilansir naturalnews, Senin (14/1/2013) antara lain:

1. Tidur telentang dengan beralaskan bantal
Tidurlah dengan posisi terlentang dan posisikan bantal Anda dengan tepat. Anda juga dapat menambahkan di bawah lutut dengan tujuan agar pinggul lebih fleksibel dan lututlah yang akan menanggung tekanan dari tulang belakang lumbar dan sendi sacroiliac.

2. Tidur dengan posisi miring
Beberapa orang merasa lebih nyaman ketika tidur dengan posisi miring dengan pinggul dan lutut tertekuk sekitar 45 derajat. Anda membutuhkan dukungan bantal di bawah leher yang membuat tingkat kepala dan wajah dalam posisi netral.

Jika bantal di bawah leher terlalu besar dan tegas, hal ini dapat menyebabkan posisi fleksi lateral terlalu jauh dari bahu. Jika bantal terlalu kecil dan halus, hal ini dapat menyebabkan posisi fleksi lateral terlalu dekat dengan bahu. Kedua posisi ini sangat berbahaya bagi sistem saraf tulang belakang.
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Poskan Komentar

Google+ Badge