-->

Follow by Email

Senin, 28 Januari 2013

Manfaat Cuka

Rumah bersih pasti idaman semua orang. Nah, tahukah Anda bahwa di dapur terdapat pembersih yang lebih ramah lingkungan ketimbang pembersih yang dijual di toko? Ya, cuka putih dapat berfungsi sebagai pembersih tiada dua yang murah dan tidak mengandung racun. 


Tak ada salahnya mencoba cuka sebagai bahan pembersih alami.  Begitu beragam cuka yang beredar di pasaran. Kadang kalau kita belum piawai bisa salah membedakan antara jenis cuka yang satu dengan lainnya. Biar tak salah lagi, mari kita bahas si asam ini.
  • Cuka di buat dari minuman anggur ( wine ) buah atau bulir padi yang difermentasi dan memiliki berbagai rasa dan aroma. Biasanya cuka buah mempertahankan aroma dan bahan dasarnya seperti apel atau raspberry, cocok untuk saus selada dan hidangan laut.
  • Cuka hitam seperti italian balsamic dan cuka Cina terasa manis dan kurang asam. Namun cuka hitam Cina bagus untuk merebus makanan sedikit air, sedangkan balsamic cocok di gunakan untuk makanan yang tidak dimasak seperti untuk campuran saus.
  • Cuka putih yang keras ( kadang kala di namai cuka imitasi ), didistilasi dari alkohol dan sebaiknya tidak di masak. Selain terbuat dari alkohol, cuka putih itu sendiri ada yang terbuat dari fermentasi mulai dari buah-buahan dan anggur (wine). Tetapi untuk cuka putih berbahan alkohol sebaiknya tidak dipergunakan untuk memasak. Dan cuka ini bisa digunakan sebagai pembersih peralatan rumah tangga.

Berikut ini 20 manfaat cuka untuk membersihkan peralatan rumah tangga:
  1. Pembersih wastafel, bak dan lantai. Campurkan seperempat cangkir baking soda, satu sendok makan sabun cair, dan cuka secukupnya. Anda pun memiliki bahan pengganti pembersih kimia.
  2. Pembersih meja. Tuangkan cuka putih pada sehelai kain lap lalu gunakan supaya meja lebih segar.
  3. Di dalam cucian. Tambahkan seperempat cangkir cuka ke dalam cucian Anda. Selain melembutkan kain, cuka juga akan menghilangkan noda membandel.
  4. Pembersih jendela. Campurkan cuka dengan air dalam botol semprot, dan gunakan untuk membersihkan jendela dan kaca rumah.
  5. Pembersih gusi. Panaskan cuka putih, letakkan diatas gusi anda, dan lihatlah hasilnya.
  6. Penghilang noda pada kayu. Campurkan cuka dan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama, dan gosokkan dengan kain di atas kayu. Lihatlah, nodanya telah hilang.
  7. Pembersih karat. Rendamlah alat yang berkarat di dalam cairan cuka selama satu malam, namun pastikan Anda membilasnya bersih di pagi hari, agar cuka tidak bikin logam berkarat.
  8. Pembersih mesin kopi. Tuangkan cuka ke dalam pembuat kopi, campur dengan air dan biarkan bekerja dengan baik. Cairan itu akan menghilangkan kerak kapur dan membuat kopi Anda terasa lebih segar.
  9. Pembersih saluran air: Apakah Anda merasa saluran air berbau? Tuangkan secangkir baking soda dengan cuka putih panas. Biarkan selama beberapa menit, dan larutkan dalam air. Lalu tuangkan ke saluran air.
  10. Pembersih microwave. Campurkan cuka dan air ke dalam piring, masukkan ke dalam microwave, lalu biarkan mendidih di dalam. Biarkan uap cuka bekerja secara ajaib, kemudian bersihkanlah
  11. Pembersih pintu oven. Sapukan cuka putih di seluruh bagian dalam pintu oven, kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bersihkanlah. Penggunaan cuka sebagai pembersih ini dapat mengurangi penggunaan sabun dan lainnya.
  12. Pembersih gelas. Semprotkan cuka ke dalam gelas anggur, diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air panas, dan biarkan mengering.
  13. Membuat gelas lebih cemerlang. Rendam gelas dalam 1 liter air panas yang dicampur dengan 1/2 gelas cuka putih.
  14. Membersihkan noda lemak di panci. Masukan cuka putih setinggi 2 cm dalam panci, rebus, diamkan 2 jam, bilas dan bersihkan.
  15. Membersihkan microwave. Isi mangkok dengan campuran 1 bagian cuka 1 bagian air, panaskan microwave sampai mendidih, diamkan 2 jam didalam, lalu bersihkan.
  16. Membersihkan noda limescale. Campurkan 1 bagian cuka dan 1 bagian air, rendam bagian yang terkena noda dan diamkan 2 jam, lalu bersihkan dan bilas.
  17. Membersikan lubang WC. Masukkan cuka ke dalam lubang, tambahkan minyak essensial aroma jeruk, diamkan semalaman, lalu bilas.
  18. Membersikan kaca jendela. Lap bersih kaca dengan campuran 1/4 gelas cuka dan 1 liter air, keringkan dengan kain bersih & kilatkan dengan kertas koran.
  19. Melembutkan pakaian. Pengganti softener, masukan 30 ml cuka putih utk 4 kg pakaian, campurkan 5 tetes minyak essensial aroma lavender utk mengharumkan
  20. Melembutkan rambut. Agar rambut anda licin mudah disisir, campurkan 1 sdm cuka putih dalam 1 liter air, cuci dahulu dengan cairan ini,  lalu cuci rambut seperti biasa.
Mudah-mudahan manfaat cuka yang telah disebutkan di atas dapat membantu anda menghilangkan noda membandel. Selamat mencoba.
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Poskan Komentar

Google+ Badge