-->

FOLLOW BY EMAIL

Friday, 18 January 2013

Manfaat Dan Khasiat Air Putih Bagi Tubuh


Air merupakan element penting untuk tubuh, lebih dari 50% air merupakan unsur yang ada pada tubuh manusia, tanpa makanan manusia mampu bertahan hidup beberpa waktu, tapi tidak dengan  air, rasa haus serta dehidrasi akan menerpa bila kita kurang minum. 


Menurut dokter Hansa D. Bhargava dari Amerika, Air mampu meningkatkan metabolisme dan membantu Anda merasa kenyang. Ganti minuman berkalori dengan air putih. Minum segelas air putih sebelum makan akan membantu Anda merasa lebih kenyang.
Minum lebih banyak air putih juga membantu meningkatkan metabolisme  terutama jika air putih yang diminum adalah air putih dengan es. Air dingin yang dikonsumsi sebelum makan akan membuat tubuh bekerja keras menghangatkan suhu tubuh. Ini akan membakar ekstra kalori.Umumnya, ahli nutrisi merekomendasikan kita mengikuti “aturan 8×8.” Yakni minum 8 oz atau 236 ml air putih pergelas dan 8 gelas perhari. Namun Anda mungkin akan membutuhkan lebih banyak air saat berolah raga atau berkeringat.
  • Air Putih Tingkatkan Energi
Jika merasa energi Anda terkuras habis, air putih bisa mengembalikan  energi Anda. Rasa letih dan lelah bisa jadi merupakan dampak dehidrasi. Air putih membantu transportasi oksigen darah dan nutrisi penting lainnya ke sel-sel Anda. Dengan mendapatkan cukup air,  jantung  juga dapat bekerja lebih ringan memompa  darah ke seluruh tubuh.
  • Air Putih Turunkan Stres
Tujuh puluh sampai 80% dari jaringan otak terdiri atas air. Jika Anda mengalami dehidrasi, tubuh dan pikiran Anda akan stres. Saat Anda merasa haus, artinya sudah waktunya sedikit rehidrasi dengan air putih. Mengonsumsi air putih saat haus juga menurunkan tingkat stres. Simpanlah segelas air putih di meja. Atau, siapkan sebotol air putih sebelum Anda berolah raga dan minum secara teratur.
  • Air Putih Rawat dan Membangun Otot
Minum air putih dapat bermanfaat mencegah kram otot dan melumasi sendi dalam tubuh. Saat terhidrasi dengan baik, Anda pun dapat berolahraga lebih lama dan lebih kuat tanpa rasa tersiksa.
  • Air Putih Memelihara Kulit
Tahukah Anda, beberapa garis halus dan kerutan dapat direduksi dengan air?Air kerap digunakan sebagai salah satu bahan dalam krim kecantikan. Minum air mampu menghidrasi dan memperbaiki sel kulit, membuat wajah Anda terlihat lebih muda. Air putih juga membersihkan wajah dari kotoran serta meningkatkan sirkulasi  darah. Membuat wajah Anda lebih bersih dan bersinar.
  • Air Putih Melancarkan Pencernaan
Seperti juga serat, air putih sangat penting untuk pencernaan yang baik. Air mampu  melarutkan partikel kotoran dan membuat pencernaan lebih lancar. Jika Anda dehidrasi, yang terjadi tubuh akan menyerap semua air dan meninggalkan usus besar yang kering. Kondisi ini membuat Anda lebih sulit BAB.
  • Air Putih Mengurangi Batu Ginjal
Risiko batu ginjal meningkat pada orang yang kurang minum cukup air putih.  Sesungguhnya air putih memiliki kemampuan mencairkan garam dan mineral ke dalam urin. Air putih mampu mengurangi risiko terbentuknya kristal padat  dalam ginjal yang disebut batu ginjal.
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS