-->

FOLLOW BY EMAIL

Friday, 25 January 2013

Mengatasai Perut Kembung

 
 

Lambung terasa nyeri dan sebah? Makanan memiliki efek yang besar terhadap kesehatan lambung. Kebiasaan makan sembarangan bisa memicu gas di perut. Akibatnya, Anda jadi sering bersendawa, mules, dan kentut. Berikut adalah cara terbaik untuk mengurangi perut kembung :

1. Makan dalam gigitan kecil

Makanlah dalam gigitan kecil dan kunyah makanan secara perlahan. Makan dalam gigitan besar hanya akan mendorong masuknya udara ke sistem pencernaan. Apalagi jika tidak dikunyah dengan benar. Mengapa mengunyah menjadi sangat penting? Air liur mengandung enzim Alpha amylase dan lingual lipase yang dapat memecah karbohidrat dan lemak dalam makanan.

2. Hindari soda dan jus kemasan

Kita seringkali berpikir bahwa soda dapat mengatasi perut kembung dan mengurangi rasa sakit. Sebaliknya, minuman karbonasi malah menyebabkan masalah lambung. Selain itu, kandungan gula dalam minuman manis bisa memicu rasa kembung.

3. Jangan mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet membuat udara lebih mudah masuk ke perut. Akibatnya, Anda lebih rentan mengalami masalah perut kembung.

4. Berjalan setelah makan

Yah, Anda mungkin telah mendengarnya berkali-kali. Namun, apakah Anda sudah melakukannya? Berjalan dapat meningkatkan sistem pencernaan dan memecah partikel makanan di perut. Cara ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Berhenti merokok

Tidak semua perokok tahu efek samping nikotin. Merokok tidak hanya menyebabkan dehidrasi, tetapi juga mengumpulkan gas di perut. Untuk mengurangi masalah kesehatan, berhentilah merokok.

6. Go herbal!

Anda bisa menggunakan ramuan rempah-rempah seperti cengkeh untuk mengobati perut kembung. Seduh dengan air hangat. Minuman ini bisa mengurangi rasa nyeri akibat perut kembung.

Terlepas dari masalah perut kembung, Anda harus minum 8-10 gelas air setiap hari. Air membantu mengurangi gas di perut dan menekan asam lambung.


Semoga bermanfaat.
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS