Mengenal Penyakit Asam Urat - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Mengenal Penyakit Asam Urat

 

Asam urat merupakan penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar purin dalam tubuh yang selanjutnya mengalami penumpukan di persendian serta. 


Zat purin ini berasal dari makanan yang dikonsumsi baik dari pangan hewani maupun nabati serta dihasilkan juga melalui proses perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara alami maupun disebabkan oleh penyakit. Kurang efisiennya fungsi ginjal juga menjadi faktor utama penumpukan asam urat .

Adapun gejala-gejala asam urat yang dapat diamati yaitu kesemutan dan linu, nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur dan terjadinya pembengkakan pada sendi, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa. Untuk mengatasi penyakit ini sebaiknya lakukan pengobatan yang teratur hingga kadar asam urat kembali normal. Normalnya pada pria memiliki kadar asam urat 3 – 7 sedangkan pada wanita berkisar antara 2,4 hingga 6. Untuk mencegah kembalinya peningkatan kadar asam urat dalam tubuh maka setelah kadarnya normal sebaiknya anda tetap mengontrol makanan yang dikonsumsi dengan memperhatikan makanan apa saja yang mengandung banyak purin. Makanan yang termasuk kategori ini yaitu makanan kaleng, daging, telur, kaldu, kacang-kacangan (melinjo, emping kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai termasuk olahannya, tauge), lauk pauk (hati, ginjal, babat, usus, paru, otak), makanan laut (cumi, kepiting udang, kerang), sayuran (kangkung, daun bayam, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis), buah-buahan (durian, alpukat, nanas) minuman dan makanan beralkohol (bir, wiski, anggur, tape, tuak). Selain itu, perbanyaklah meminum air putih agar metabolism tubuh menjadi lancer sehingga membantu dalam pengeluaran purin dalam tubuh

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1943762-mengenal-asam-urat/#ixzz2J3xl0F5G
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon