Mengenal Penyakit Kanker Payudara - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Mengenal Penyakit Kanker Payudara

Apakah Kanker Payudara itu?

Kanker Payudara adalah penyakit di mana sel-sel (kanker) yang ganas terdeteksi dalam jaringan payudara. Sel-sel kanker ini kemudian menyebar di dalam jaringan atau organ tubuh dan ke bagian tubuh yang lain.

Kanker Payudara merupakan penyebab kematian terbesar kedua bagi wanita saat ini. Di Singapura, hampir setiap 1 dari 20 wanita didiagnosa mengidap kanker payudara dalam hidupnya. Wanita etnis Cina mempunyai risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita etnis Melayu atau India, sebesar 10-20%. Insiden yang tertinggi ada di kelompok usia 55-59 tahun. Risiko kanker payudara semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Berita bagusnya, kini semakin banyak wanita yang berhasil mengatasi penyakit ini, berkat deteksi dini dan pengobatan yang lebih baik.
Faktor pemicu kanker jenis ini masih belum diketahui. Penyebabnya bisa berasal dari sejarah kanker payudara dalam keluarga, menstruasi dini atau kemungkinan faktor risiko lainnya. Karena sukar dipastikan, maka semua orang berisiko, khususnya ketika mereka berusia 40 tahun ke atas. Meskipun faktor-faktor penyebabnya masih belum diketahui, kesembuhan sempurna sudah mungkin terjadi berkat deteksi dini melalui pemeriksaan payudara secara teratur.

Kanker Payudara

Seberapa sering Kanker Payudara?

Kanker Payudara merupakan penyebab kematian terbesar kedua bagi wanita saat ini. Di Singapura, hampir setiap 1 dari 20 wanita didiagnosa mengidap kanker payudara dalam hidupnya. Wanita etnis Cina mempunyai risiko yang lebih tinggi daripada wanita etnis Melayu atau India, sebesar 10-20%. Insiden yang tertinggi berada dalam kelompok usia 55 - 59 tahun. Risiko kanker payudara semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia.
Berita bagusnya, kini semakin banyak wanita yang berhasil mengatasi penyakit ini, berkat deteksi dini dan pengobatan yang lebih baik.

Apakah Kanker Payudara itu

Kanker Payudara adalah penyakit di mana sel-sel (kanker) yang ganas terdeteksi dalam jaringan payudara. Sel-sel kanker ini kemudian bisa menyebar di dalam jaringan atau organ tubuh dan juga bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain.
Anatomi payudara
Anatomy of the breast

Apa penyebab Kanker Payudara?

Faktor pemicu kanker jenis ini masih belum diketahui. Kanker ini bisa terkait dengan riwayat kanker payudara dalam keluarga, menstruasi dini atau kemungkinan faktor risiko lainnya. Karena sukar dipastikan, maka semua orang berisiko, khususnya ketika berusia 40 tahun ke atas. Meskipun faktor-faktor penyebabnya masih belum diketahui, penyembuhan sempurna sudah mungkin terjadi berkat deteksi dini melalui pemeriksaan payudara yang teratur.

Apa Saja Tanda-Tanda Peringatan Kanker Payudara?

  • benjolan yang tidak menyakitkan di payudara
  • rasa gatal dan ruam merah yang tidak kunjung sembuh di puting
  • perdarahan atau lendir yang tidak normal dari puting
  • kulit payudara membengkak dan menebal
  • cekungan atau kerutan pada kulit payudara
  • puting tertarik masuk

Apa Saja Panduan dalam Skrining Payudara?

Anatomy of the breast
Tabel A

Bagaimana diagnosis dibuat?

  1. Melalui pemeriksaan klinis oleh dokter, khususnya jika terdeteksi adanya benjolan atau perubahan yang tidak normal pada payudara.
  2. Dengan mammogram yang dapat mendeteksi perubahan atau kondisi abnormal.
  3. Berdasarkan scan ultrasound pada payudara yang dapat mendeteksi perubahan atau kondisi abnormal.
Kanker payudara bisa dipastikan melalui biopsi, di mana sedikit jaringan akan diambil untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Apa saja teknik biopsi yang umum dilakukan?

  • Aspirasi dengan Jarum Halus (Fine Needle Aspiration -FNA)
  • Biopsi Jarum Inti (Core Needle) atau Biopsi Tru-cut
  • Biopsi Eksisi (Excision Biopsy)

Bagaimana menilai kanker payudara?

A.
B.PERINGKAT/TINGKAT KEAGRESIFAN
Peringkatnya adalah G1, G2 & G3. Grade 3 adalah peringkat yang paling agresif dan hasil kesembuhannya paling buruk.
C.KEADAAN RESEPTOR ESTROGEN (EOSTROGEN RECEPTOR- ER)
Jika ER positif, sel-sel kanker dapat merespon terapi hormon seperti tamoxifen.
ilihan pengobatan dan prognosis (peluang kesembuhan) tergantung pada stadium kanker (apakah hanya pada payudara saja atau sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain), jenis kanker payudara, karakteristik tertentu sel-sel kanker, dan apakah kanker ditemukan di payudara yang lain. Usia wanita, status menopause (apakah wanita tersebut masih mengalami menstruasi) dan kesehatannya secara umum juga mempengaruhi pilihan pengobatan dan prognosis.

Pengobatan apa yang ditawarkan?

Sebagian besar adalah pembedahan untuk mengangkat kanker. Bentuk pembedahannya antara lain:
  • Bedah yang mempertahankan payudara
    Lumpektomi – pengangkatan kanker dan sedikit jaringan di sekitarnya.
  • Mastektomi – pengangkatan seluruh payudara dengan atau tanpa kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Apakah dibutuhkan pengobatan lain?

Biasanya pembedahan diikuti dengan terapi sistematis, yang bisa mencakup kemoterapi, radioterapi dan/atau terapi hormon untuk meningkatkan peluang kesembuhan.

Apa saja langkah-langkah untuk rehabilitasi?

Rehabilitasi fisik mencakup:
  • Latihan bahu setelah pembedahan
  • Perawatan lengan atas untuk mencegah pembekakan kerusakan getah bening
  • Gizi seimbang dan perubahan gaya hidup untuk meningkatkan kesembuhan
Rehabilitasi mental mencakup:
  • Dukungan yang kuat dari pasangan, keluarga, teman & kelompok pendukung
  • Wanita bisa merasa aman jika dia tahu kemungkinannya untuk sembuh
  • Memeriksakan diri ke dokter secara teratur

Apakah cara perawatan yang terbaik?

Penyusunan rencana perawatan oleh sebuah tim yang terdiri dari profesional multi-disiplin, yaitu ahli bedah payudara, ahli patologi, ahli radiologi, ahli onkologi medis & radiasi, petugas sosial dan perawat pengobatan payudara untuk mendiagnosis, merawat dan menangani kondisi tersebut, sudah terbukti bisa meningkatkan kesembuhan bagi pasien kanker.

Apa saja dukungan yang tersedia?

CanHOPE adalah sebuah tim pendukung hasil inisiatif ParkwayHealth bersama dengan tim dokter multi-disiplin yang berupaya menjalankan metode holistik untuk merawat kanker tanpa ada biaya tambahan. Para penasehat menjalankan konseling kanker melalui telepon hotline dan email, untuk memberikan dukungan emosi dan psiko-sosial kepada semua pasien dan perawatnya agar mereka bisa mengatasi kanker dengan efektif. Layanan konseling temu muka juga bisa diselenggarakan.

Pasien, profesional kesehatan & publik juga bisa mendapatkan informasi kanker terbaru, tes skrining yang terkait, pengobatan dan rujukan ke layanan kanker yang tepat, informasi untuk layanan rehabilitasi dan layanan dukungan lanjutan, saran-saran tentang efek samping pengobatan kanker, strategi mengatasi kanker, pola makan, serta gizi.
Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon