Sistem Operasi Ubuntu Pada Mobile - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Sistem Operasi Ubuntu Pada Mobile



Sistem operasi mobile Ubuntu resmi diperkenalkan oleh Canonical pada 3 Januari 2013. Untuk melakukan uji coba lanjutan, Canonical akan memasang Ubuntu pada telepon seluler pintar Samsung Galaxy Nexus, yang sejatinya didesain untuk menjalankan Android.

Uji coba itu bakal dilakukan dalam konferensi Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, akhir Februari 2013. Canonical akan melakukan perbaikan untuk menambal celah yang masih ada di Ubuntu mobile.

Aksi pamer ini dilakukan Canonical untuk menarik perhatian pengembang aplikasi. Canonical berjanji merilis application programming interface (API) agar para pengembang mau membangun aplikasi di Ubuntu.

Tak menutup kemungkinan ponsel Android dapat menjalankan Ubuntu, tetapi pengguna harus melakukan beberapa modifikasi yang tidak mudah dan berisiko. Dengan menjalankan Ubuntu di ponsel Android, fitur-fitur yang sebelumnya ada kemungkinan tak bisa digunakan.

Ubuntu dan Android memiliki kesamaan pada inti program (kernel). Keduanya sama-sama menggunakan kernel Linux.

Ubuntu mobile dirancang agar dapat berjalan di perangkat dengan prosesor berarsitektur ARM dan X86. Canonical pun ingin Ubuntu dapat menjangkau segmen pasar kelas menengah ke bawah dan menengah ke atas.

Perusahaan asal Inggris ini berharap perangkat berbasis Ubuntu dapat dirilis pada akhir 2013. Namun, produsen yang akan mengadopsi dan memasarkan ponsel Ubuntu belum diketahui.

sumber : kompas.com

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon