-->

FOLLOW BY EMAIL

Saturday, 9 February 2013

Tips Merawat Helm

 http://sekitarduniaunik.blogspot.com


Helm adalah alat sekaligus perlengkapan penting bagi setiap pengendara motor sebagai pelindung kepala saat mengendarai motor. Namun, di samping fungsinya sebagai pelindung kepala, helm juga menjadi salah satu asesoris yang mengangkat gengsi sang pengendara. Dengan merek-merek terkenal dan harga nya yang juga tak murah.

Karena itu, tak sedikit biker  rela menghabiskan waktu luang nya untuk sekedar 'mengelus' helm idamannya agar selalu tampil bersih dan mengkilap. Berikut kami ingin memberikan sedikit tips untuk merawat helm.

Visor, atau kaca helm merupakan bagian yang cukup penting. Kaca helm yang kotor akan mengganggu penglihatan di saat kita mengendarai motor. Lepas kaca helm dan selalu bersihkan dengan air, hindari langsung membasuh permukaannya jika terdapat pasir-pasir jalanan, hal ini dapat membuat permukaan kaca helm baret.

Untuk membantu pembersihan, gunakan sabun cair yang tanpa berbahan kimia dan alkohol. Keringkan dengan menggunakan tisu atau kain berpermukaan lembut. Setelah bersih, hindari kontak langsung kaca helm dengan tangan ataupun benda lain, karena dapat menimbulkan bercak yang dapat mengganggu pandangan.

Busa helm. Busa yang sudah sering terkena hujan ataupun keringat, saat digunakan akan menyimpan bau tidak sedap. Copot busa tersebut lalu cuci dengan air hangat hingga bersih tanpa disikat dan menggunakan sabun khusus. Bilas hingga sabun hilang dan jemur dengan hanya diangin-anginkan. Jangan dipaksa mengering dengan menggunakan pemanas ataupun kontak langsung dengan matahari.

Untuk batok helm sendiri, agar terlihat mengkilap cuci dahulu hingga kotoran kotoran yang melekat hilang dari permukaan helm. Gunakan sikat gigi atau cotton buds untuk membersihkan bagian-bagian yang susah dijangkau oleh jari. Setelah dikeringkan, gunakan pembersih seperti polesan wax secara merata dan lap hingga mengering. Tak lupa berikan pelumas pada bagian engsel-engsel antara penjepit kaca helm dengan helm. Hindari benturan pada benda lain untuk bagian batok helm, agar busa peredam tidak rusak.

Dengan begitu helm anda akan kembali mengkilap, aman dan nyaman untuk digunakan.


Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS