-->

FOLLOW BY EMAIL

Sunday, 3 February 2013

Jangan Pamer KTP/Kartu Kredit Di Twitter & Instagram



Belakangan, perusahaan cloud security Trend Micro, melihat bahwa kejahatan di dunia maya mungkin tidak lagi harus menggunakan Trojan untuk mengumpulkan informasi data dari pengguna.

Sebab kecenderungan terbaru saat ini yang dibidik oleh pelaku kejahatan cyber adalah memanfaatkan pengguna sosial media yang dengan sengaja atau pamer memposting kartu kredit hingga KTP di akun Twitter dan Instagram.

Peneliti di Trend Micro memperhatikan bahwa kelakuan konyol ini dilakukan oleh beberapa anak muda dan bahkan orang dewasa di Amerika Serikat dan Asia.

Beberapa dari pengguna sosial media, yang kebanyakan anak muda yang narsis ini, bahkan memposting SIM mereka dalam tampilan penuh dan tanpa sadar mengekspos informasi sensitif seperti nama lengkap, alamat rumah, tanggal lahir, dan lainnya.

"Kami juga telah melakukan pencarian sederhana di Google, dan telah menemukan banyak gambar kartu kredit di internet," kata Trend Micro, dalam keterangannya yang dikutip detikINET, Rabu (5/12/2012).

Bahkan, melalui penelusuran khusus kini penjahat dunia maya mengintip sebuah akun di Twitter yang khusus berbagi gambar tentang kartu kredit. Nama akun Twitter @NeedADebitCard tersebut kini telah memiliki lebih dari 11.000 follower.

"Apa yang telah dilakukan oleh pengguna sosial media, terutama anak-anak muda berusia 16-18 tahun, yang tidak menyadari dampak dari kecerobohan tindakan mereka ini adalah akan direkamnya data-data pribadi mereka oleh para penjahat cyber," tegas Trend Micro.

Hal ini tentunya sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk mengambil keuntungan pribadi.

"Sekali lagi, Trend Micro, mengingatkan pada Anda, terutama pengguna sosial media yang selalu ingin dianggap keren dan update, Anda boleh saja memposting gambar apapun, kecuali kartu kredit atau kartu identitas Anda," pungkasnya.

sumber
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS