-->

FOLLOW BY EMAIL

Monday, 1 April 2013

Dengan Sarapan Telur, Hasrat Ngemil Berkurang Sampai Malam

Dengan Sarapan telur, Hasrat Ngemil Berkurang Sampai Malam - Kebiasaan buruk ngemil sepanjang hari adalah salah satu penyebab utama kegemukan yang seringkali tidak disadari. Padahal ada cara mudah untuk menguranginya, yakni dengan sarapan telur. Kandungan proteinnya ampuh menahan rasa lapar.

http://sekitarduniaunik.blogspot.com


Sebuah penelitian di University of Missouri kembali membuktikan bahwa asupan protein dalam menu sarapan pagi sangat menentukan keberhasilan diet sepanjang hari. Protein membuat nafsu makan lebih terkontrol sehingga hasrat ngemil bisa dikendalikan.

Meski demikian, penelitian tersebut juga mengungkap bahwa 60 persen orang Amerika Serikat sering melupakan hal itu. Sarapan sering dilewatkan dengan alasan terburu-buru, atau kalaupun sarapan maka hanya dengan menu seadanya tanpa memperhitungkan protein.

Heather Leidy, ilmuwan yang melakukan penelitian itu mengatakan, obesitas kini telah menjangkiti 25 juta orang dewasa di negaranya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan protein dalam menu sarapan, yang berakibat nafsu makan sepanjang hari tidak terkontrol.

"Mengonsumsi menu sarapan yang kaya akan protein dapat mempengaruhi hasrat untuk makan sepanjang hari, ketika orang mulai tertarik untuk ngemil makanan tinggi lemak dan tinggi gula," kata Leidy seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (1/4/2013).

Dalam penelitiannya, Leidy melibatkan 20 remaja putri dan orang dewasa berusia 18-20 tahun yang seluruhnya mengalami obesitas. Sebagian dari para partisipan diberi asupan makanan tinggi protein seperti telur dan daging asap saat sarapan, sebagian lagi dengan kandungan protein standar.

Sepanjang hari, para partisipan diminta mengisi kuesioner untuk melihat seberapa besar hasrat untuk ngemil yang dirasakan. Selain itu, sebelum makan malam para partisipan juga menjalani pemindaian otak untuk melihat aktivitas pusat pengaturan nafsu makan.

Hasil pengamatan menunjukkan, sarapan tinggi protein memberikan sensasi kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Perubahan ini juga teramati dari hasil pemindaian, yang menunjukkan bahwa aktivitas di bagian pengaturan nafsu makan berkurang berkat sarapan tinggi protein.

sumber : detikhealth
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
3 Comments

3 comments:

Sonya said...

oh gtuh ea gan...
mksh atas info'x..

Hendra Suhendra said...

@Sonya terima kasih atas kunjungannya :D..
SEring-sering mampir

Fitria Gesti said...

It's nice

FOLLOWERS