Ketakutan Paling Aneh Dan Konyol Di Dunia - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Ketakutan Paling Aneh Dan Konyol Di Dunia

Phobia Paling Unik dan Aneh di Dunia

Pada umumnya orang-orang akan merasa takut saat berada di ketinggian atau di dalam kegelapan. Phobia seperti ini masih dianggap wajar, karena memang banyak orang yang mengalaminya. Namun apa jadinya jika ada yang merasa phobia dengan hal-hal yang justru dianggap biasa. Mungkin kedengaran cukup aneh bukan?

Nah faktanya memang ada lho orang yang benar-benar phobia dengan hal-hal yang terkesan unik dan bahkan konyol. Simak saja selengkapnya ketakutan paling aneh dan konyol di dunia berikut ini :

1. Papaphobia : Takut Paulus

Paus Paulus merupakan tokoh yang disegani dan dihormati oleh jemaah yang meyakininya atau mengikutinya. Banyak jemaah yang meminta restu untuk kebaikan dalam hidupnya. Namun lucunya ada juga lho yang ketakutan terhadap Paus. Dinamakan Papaphobia.

Gejala yang dialami berupa napas pendek, napas cepat, detak jantung tidak menentu, berkeringat, mual dan perasaan takut. Ketakutan ini mungkin tidak hanya terhadap tokoh Paus saja, tapi mungkin juga takut terhadap Gereja Katolik Roma.

2. Arachibutyrophobia : Takut Makan Selai Kacang

Banyak orang menyukai selai kacang dikonsumsi bersamaan dengan roti. Rasanya yang khas, tidak jarang mereka lebih memilih selai rasa kacang dibanding rasa yang lainnya, misalnya cokelat. Apalagi kacang juga punya kandungan vitamin yang cukup banyak.

Bagi penderita Arachibutyrophobia, selai kacang merupakan ancaman yang sangat ditakuti. Mereka akan merasa ketakutan saat selai kacang itu akan masuk ke dalam mulut mereka. Makanya mereka akan menghindari sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi selai kacang. Hmmmm, ada-ada saja ya, padahal rasanya enak sekali lho!

3. Trichophobia : Takut Rambut Rontok

Anda takut saat melihat ada begitu banyak rambut rontok di sekitar Anda? Padahal mungkin saja sebelumnya Anda tidak pernah mengalami hal aneh ini. Jika memang Anda benar-benar ketakutan dengan rambut rontok, berarti Anda menderita Trichophobia.

Orang yang mengalami Trichophobia akan merasa ketakutan dan tidak suka saat melihat rambut rontok di baju atau di mana saja. Kata "Trichophobia" sendiri diambil dari bahasa Yunani, yang artinya Thrix (rambut) dan Phobia (takut).

4. Nomophobia : Takut Bepergian Tanpa Ponsel

Bagi orang biasa, ketinggalan ponsel saat bepergian adalah hal yang lumrah. Mereka juga tidak terlalu pusing saat tidak membawa ponsel, kecuali memang ada urusan yang benar-benar urgent / penting, mungkin mereka akan rela balik lagi ke rumah hanya untuk mengambil ponsel.

Kejadian di atas adalah wajar. Namun ada sebagian orang yang merasa sangat panik dan ketakutan saat jauh dari ponsel atau mungkin ketinggalan ponsel saat bepergian. Ketakutan berlebihan ini disebut juga Nomophobia atau takut bepergian tanpa membawa ponsel. Apakah Anda salah satunya?

5. Ephebiphobia : Takut Remaja

Ada sebagian orang yang terlalu takut menginjak usia remaja. Padahal bagi orang lain atau anak-anak lainnya justru tidak sabar ingin segera tumbuh menjadi seorang remaja. Orang-orang yang takut dan segan pada remaja, merupakan fenomena yang dikenal dengan 'karakterisasi anak muda yang tidak teliti, berlebihan dan sensasional'.

Menurut sosiolog Ray Olden burg, ia lantas menghubungkan slek antar generasi dan 'menjauhnya remaja dari orang dewasa di masyarakat Amerika' menuju orang dewasa yang merasa aneh dan takut remaja. Penolakannya sering disamarkan dengan kebebasan antara mereka.

6. Scopophobia : Takut Diperhatikan

Mendapatkan perhatian dari orang-orang terdekat adalah impian bagi setiap orang. Perhatian yang diberikan akan membantu meningkatkan mood kehidupan seseorang. Ruang lingkup kehidupan mereka menjadi lebih terlindungi oleh orang-orang di sekitar.

Hal ini justru tidak berlaku bagi penderita Scocophobia atau orang yang merasa sangat ketakutan yang berlebihan jika ia diperhatikan atau dipandang. Ia cenderung menghindari daerah yang ramai, seperti mall atau tempat berkumpul banyak orang. 

Bahkan urusan menyetir mobil saja bisa menjadi sangat sulit, karena penderita akan merasakan perasaan takut yang sangat akut dan resah, karena mereka merasa diperhatikan. Termasuk oleh mobil yang di sebelah mereka, atau mobil dari arah belakang atau depan mereka lewat kaca spion.

7. Spectrophobia : Takut Cermin

Bercermin adalah kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan oleh setiap orang. Tujuannya untuk memastikan penampilan diri sudah terlihat bagus. Bercermin adalah perilaku yang wajar, karena memang tidak ada yang aneh dengan kebiasan ini.

Lain cerita bagi mereka yang menderita Spectrophobia. Mereka justru merasa ketakutan luar biasa pada saat bercermin dan melihat bayangan diri sendiri. Seorang penganalisa jiwa (psychoanalyst), Sandor Ferenzi membagi masalah ini ke dalam dua penyebab utamanya, yaitu takut pengetahuan sendiri dan takut sifat sendiri.

8. Phagophobia : Takut Menelan

Orang-orang yang takut menelan disebut Phagophobia. Kemungkinan besar, penderita ini merasa ketakutan dan merasa dipusingkan saat akan mulai makan atau bahkan takut salah makan juga kehilangan berat badan.

Seorang penderita Phagophobia cenderung mengonsumsi makanan cair dan makanan lembut saja. Ketakutan ini ditunjukkan dengan berbagai keluhan menelan, tanpa alasan fisik yang terdeteksi oleh pemeriksaan dan analisis laboratorium.

9. Vomitophobia : Takut Muntah

Merasa jijik dengan muntah atau orang yang muntah adalah hal yang dianggap wajar. Namun ada sebagian orang yang merasa sangat ketakutan luar biasa pada muntah dan juga pada orang yang muntah. Ketakutan ini disebut juga Vomitophobia.

Bagi penderita Vomitophobia, ia cenderung tidak mau makan, enggan bersosialisasi dan malas pergi ke pesta. Mereka mungkin sulit untuk makan dan itulah mengapa banyak yang didiagnosa menderita anorexic (takut gemuk), tetapi bukan bulimia, karena penyakit ini juga membuat berat badan berlebih atau berat ideal.

10. Triskaidekaphobia : Takut Nomor 13

Orang-orang menganggap nomor 13 adalah nomor biasa yang tidak punya pengaruh apa-apa. Namun ada juga sebagian orang yang menganggap angka 13 adalah angka sial. Nah ada lagi sebagian orang yang ketakutan dengan angka 13, salah satunya adalah Adolf Hitler.

Ada juga istilah tersendiri bagi orang yang ketakutan pada Jum'at tanggal 13, disebut juga paraskavedekatria phobia. Tetraphobia adalah takut pada nomor 4. Fenomena ini sangat dikenal di China, Jepang dan juga Korea.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon