Manfaat Lari Pagi Secara Rutin Untuk Kesehatan - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Manfaat Lari Pagi Secara Rutin Untuk Kesehatan

manfaat lari pagi untuk kesehatan
Manfaat Lari Pagi Secara Rutin Untuk Kesehatan - Banyak manfaat yang diperoleh dari berlari salah satunya adalah memperpanjang umur. Lari pagi merupakan oleh raga yang mudah dilakukan dan berongkos murah alias gratis. Namun pastinya olah raga ini juga menjanjikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Dari pada kita mengeluarkan biaya yang banyak untuk melakukan olah raga di pusat kebugaran, kan lebih baik rutin lari pagi setiap hari. Yang pasti selain sangat murah, manfaat lari pagi juga banyak.

Beberapa yang dapat kita peroleh dari manfaat lari pagi :


1. Membakar Lemak

Jogging di pagi hari dapat memberikan manfaat psikologis dan fisiologis tambahan, termasuk untuk menurunkan berat badan. Menurut pelatih kekuatan dan binaragawan, olah raga pertama di pagi hari sangat efektif untuk membakar lemak.

Hal ini disebabkan karena setelah tidur tubuh dalam keadaan semi puasa dan persediaan karbohidrat habis. sedangan karbohidrat sendiri adalah sumber energi untuk tubuh manusia, sehingga ketika persediannya menipis, sebagai gantinya tubuh akan membakar jaringan lemak untuk bahan bakar saat berolahraga.

Jika anda terus berlari rutin pada intensitas yang rendah atau sedang, tubuh akan membakar lemak untuk bahan bakar, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

Di samping itu, ketika sedang tidur metabolisme tubuh melambat. Dan lari pagi adalah cara terbaik untuk memulai meningkatkan metabolisme tersebut. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang terbiasa lari di pagi hari memiliki tingkat metabolisme yang lebih baik.

2. Mengurangi stress
muka bahagia tanpa stress

Ada pepatah mengatakan ditubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Hal inilah yang banyak dialami oleh banyak pelari sebagai manfaat lari pagi. Yaitu sebagai penghilang stress jangka panjang.

3. Segar sepanjang hari

Manfaat lari pagi selanjutnya dapat membuat paru-paru anda terisi dengan udara segar, sehingga menjadikan sel-sel darah di dalam tubuh lebih sehat. serta menciptakan harmoni yang baik antara pikiran dan jiwa.

Pikiran yang segar akan membuat suasana hati menjadi lebih baik yang secara otomatis akan memberikan kontribusi terhadap perbaikan kondisi kesehatan. Serta gerakan tubuh yang melibatkan semua otot akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

4. Memperbesar otot

Selain membantu menurunkan berat badan, lari di pagi hari juga dapat meningkatkan komposisi tubuh dan membantu membangun otot.

5. Menghindari disfungsi seksual

Pria yang membakar sekurang-kurangnya 3.000 kalori per minggu (setara dengan berlari 5 jam dalam seminggu) relatif bebas dari masalah disfungsi seksual.

6. Membuat tidur lebih nyenyak
tidur nyenyak
Dengan meluangkan waktu untuk berlari, pengidap insomnia berhasil tertidur pada menit ke-17. Sementara bila mereka tidak berlari, mereka baru bisa tidur sekurang-kurangnya pada menit ke-38. Pengidap insomnia ini juga tertidur sejam lebih lama jika mereka berlari.

Mungkin masih banyak lagi manfaat lari pagi lainnya, namun manfaat-manfaat di atas, sepertinya cukup untuk kita jadikan alasan berlari pagi secara rutin. Apapun olah raganya, yang penting sedikit dan rutin.
 
sumber
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon