-->

FOLLOW BY EMAIL

Monday, 24 June 2013

6 Manfaat Tidur Siang




6 Manfaat Tidur Siang - Banyak orang yang tidak bisa menyempatkan diri untuk tidur siang. Alasan klasiknya adalah karena tuntutan pekerjaan yang tidak memungkinkan mereka untuk sejenak terlelap. Padahal, tidur siang memiliki manfaat yang tidak kalah hebatnya dibanding tidur malam. Dan, tidur ini tidak perlu waktu lama untuk melakukan. Cukup minimal 10 menit terlelap, itu sudah cukup buat seseorang. Artinya, Anda bisa meluangkan 10 menit dari satu jam waktu istirahat kala bekerja siang hari untuk sejenak tidur.

Sama seperti tidur malam, tidur siang membawa kebaikan dalam mencegah penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Tidur siang juga diketahui dapat melindungi seseorang dari obesitas, masalah tulang, dan kebaikan fungsi otak. Dikutip dari Huffington Post, Anda pun bisa mendapatkan manfaat berikut jika rutin melakukan tidur siang:

1. Tidur siang meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan belajar
Singkatnya tidur siang membuat gerakan mata terjadi lebih cepat. Hal ini sering dikaitkan dengan proses kognitif di otak. Tidur siang turut menurunkan stres dan membuat aktivitas otak bekerja lebih baik sepanjang hari.

2. Tidur siang akan meningkatkan proses kreativitas
Sebuah studi yang dirilis Health.com menyebutkan, ada peningkatan kinerja otak sebelah kanan pada orang-orang yang melakukan tidur siang. Bagian otak ini banyak mengatur tentang kreativitas. Demikian juga pada orang yang tidur siang, lebih mudah bagi mereka menyelesaikan masalah dengan peningkatan kreativitas tersebut.

3. Meningkatkan produktivitas
Kala siang hari tiba, biasanya menjadi waktu yang membuat badan malas dan produktivitas menurun. Dengan tidur siang beberapa saat, dapat menyegarkan kembali semangat bekerja Anda dibandingkan harus melakukan doping melalui secangkir kopi.

4. Memperbaiki dan mencegah mood buruk
Rasa mengantuk dan kelelahan di siang hari bisa membuat mood Anda menjadi buruk. Misalnya mudah marah, tersinggung, membentak, dan sebagainya. Tidur siang dapat menyingkirkan itu semua.

5. Menyingkirkan ketegangan pikiran dalam 10 menit
Boleh percaya atau tidak, hanya dengan benar-benar terlelap selama minimal 10 menit, mampu melawan stres yang Anda alami. Menurut studi dari National Sleep Foundation, inilah waktu tersingkat untuk tidur siang yang bermanfaat untuk merelaksasi pikiran seseorang.

6. Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi
Orang yang mengantuk biasanya akan menurun kemampuannya untuk waspada dan fokus terhadap sesuatu. Dengan tidur siang 10 menit, cukup untuk mengembalikan kewaspadaan.

Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
1 Comments

1 comment:

surya ilhamsyah said...

Wah, benmanfaat banget nih. mampir balik ya sob di blog aku :D ditunggu sob

FOLLOWERS