-->

FOLLOW BY EMAIL

Saturday, 20 July 2013

10 Orang Kaya Pemilik Klub Sepak Bola


10. Roman Abramovich
Roman Abramovich


Klub: Chelsea (Inggris)
Kekayaan Pribadi: $10,2 miliar (Rp 101,56 triliun)
Peringkat Forbes: 107
Berada di peringkat ke-10 adalah miliuner yang sepertinya paling terkenal di dunia sepak bola, Roman Abramovich. Pria Rusia berusia 46 tahun ini telah menjadi tokoh sentral di Liga Primer Inggris sejak membeli The Blues pada Juli 2003 dan langsung mengucurkan dana ratusan juta dollar untuk memoles klub London itu.
Abramovich, yang berbisnis di bidang baja, minyak dan investasi ini, dikabarkan telah menghabiskan dana 875 juta pound (Rp 13,2 triliun) untuk biaya transfer serta 1,5 miliar pound (Rp 22,7 triliun) untuk menggaji para pemain di Stamford Bridge.
Hasilnya adalah 13 trofi dalam satu dekade, termasuk tiga piala Liga Primer Inggris dan satu Liga Champions UEFA.
Abramovich juga pemilik yacht terbesar di dunia.

09. John Fredriksen
John Fredriksen
Klub: Valerenga (Norwegia)
Kekayaan pribadi: $11,5 miliar (Rp 114,5 triliun)
Peringkat Forbes: 87
Konglomerat kapal tanker pengangkut minyak dan pengapalan berkebangsaan Siprus, John Fredriksen, adalah pemilik klub Liga Norwegia yang bermarkas di Oslo, Valerenga.
Namun, berbeda dengan Abramovich, Fredriksen tidak menyuntikkan dana miliaran dollar untuk klub miliknya itu. Peringkat keenam di akhir kompetisi adalah prestasi terbaik Valerenga dalam tiga musim terakhir.
Fredriksen, 68, adalah seorang penggemar sepak bola Inggris dan diperkirakan bakal menanamkan modalnya di Liga Inggris di masa datang - bahkan dalam waktu dekat jika kekayaannya terus meningkat.



08. Paul Allen
Paul Allen
Klub: Seattle Sounders (Amerika Serikat)
Kekayaan pribadi: $15 miliar (Rp 149,35 triliun)
Peringkat Forbes: 53
Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft, memiliki hobi mengoleksi klub olahraga.
Selain menjadi salah satu pemilik klub Major League Soccer Seattle Sounders, pria berusia 60 tahun ini juga memiliki klub NFL Seattle Seahawks dan klub NBA Portland Trailblazers.
Seattle saat ini menempati peringkat ketujuh di Konferensi Barat MLS.


07. Francois Pinault


Francois Pinault



Klub: Stade Rennes (Prancis)
Kekayaan pribadi: $15 miliar (Rp 149,35 triliun)
Peringkat Forbes: 53
Satu lagi pemilik klub yang hartanya mencapai $15 miliar adalah Francois Pinault, yang menguasai Stade Rennes.
Pinault adalah pemilik beberapa rumah mode yang mungkin pernah Anda dengar, atau kunjungi, yaitu Stella McCartney, Alexander McQueen, Yves Saint Laurent dan Gucci. Mertua dari artis Salma Hayek ini juga adalah pemilik rumah lelang tenar Christie's, yang penghasilannya tahun lalu mencapai $5,3 miliar (Rp 52,77 triliun).
Akan tetapi, seperti sebagian besar orang super kaya pemilik klub dalam daftar ini, Pinault tidak terlalu menghamburkan uangnya untuk Rennes, yang hanya finis ke-13 di Ligue 1 musim lalu.


06. Rinat Akhmetov


Rinat Akhmetov


Klub: Shakhtar Donetsk (Ukraina)
Kekayaan pribadi: $15,4 miliar (Rp 153,33 triliun)
Peringkat Forbes: 47
Pengusaha baja dan batu bara dari Ukraina, Rinat Akhmetov, bisa berbangga dengan keberhasilan yang dicapai klubnya hingga saat ini.
Setelah merebut Piala UEFA pada 2009 dan mendominasi liga domestik, performa Shakhtar terus meningkat walau telah ditinggalkan beberapa pemain ternama mereka seperti Willian, Fernandinho, dan Henrikh Mkhitaryan.
Akhmetov juga pemilik Donbass Arena, stadion bernilai $400 juta (Rp 3,98 triliun) yang menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa 2012 lalu.

05. Lakshmi Mittal

Lakshmi Mittal
Klub: Queens Park Rangers (Inggris)
Kekayaan pribadi: $16,5 miliar (Rp 164,29 triliun)
Peringkat Forbes: 41
Sekarang kita masuk ke lima besar dan sampailah kita pada Lakshmi Mittal, konglomerat India yang berdomisili di London dan memiliki 33 persen saham Queens Park Rangers, klub ibukota Inggris yang baru saja terdepak dari Liga Primer.
Mittal, 63, orang terkaya No. 2 di India, adalah salah satu warga paling terkenal di London dan ia bahkan mendapat kehormatan untuk menjadi salah satu pembawa Obor Olimpiade 2012. Itulah salah satu keuntungan menjadi orang yang sangat kaya dan memiliki uang yang sepertinya tak bakal habis hingga akhir hayat.

04. Alisher Usmanov
Alisher Usmanov
Klub: Arsenal (Inggris)
Kekayaan pribadi: $17,6 miliar (Rp 175,24 triliun)
Peringkat Forbes: 34
Inilah orang terkaya di Rusia saat ini, Alisher Usmanov.
Menetap di London, Usmanov membeli sebagian besar saham klub kota London, Arsenal, bersama rekannya yang juga seorang miliuner, Farhad Moshiri.
Bisnis Usmanov adalah yang paling beragam dalam daftar ini. Selain memiliki perusahaan besi dan baja, pria berusia 59 tahun ini juga berinvestasi di sejumlah perusahaan baru, telekomunikasi, dan surat kabar terlaris di Rusia, Kommersant. Ia juga pernah memiliki saham Facebook yang tahun lalu dijualnya dan mendapat keuntungan $1,5 miliar (Rp 14,93 triliun).

03. George Soros
George Soros
Klub: Manchester United (Inggris)
Kekayaan pribadi: $19,2 miliar (Rp 191,17 triliun)
Peringkat Forbes: 30
George Soros bukanlah pemilik mayoritas Manchester United, yang kerap diasosiasikan dengan pemegang saham terbanyak Malcom Glazer.
Tetapi ahli investasi berusia 82 tahun ini punya 7,85 persen saham Setan Merah, sehingga tentu saja ia bisa dikategorikan sebagai 'pemilik'. Dan dengan kekayaan hampir mencapai $20 miliar, tidak diragukan lagi kalau Soros adalah salah satu orang terkaya dunia yang memiliki klub sepak bola.

02. Amancio Ortega

Amancio Ortega
Klub: Deportivo La Coruna (Spanyol)
Kekayaan pribadi: $57 miliar (Rp 567,54 triliun)
Peringkat Forbes: 3
Sekarang kita masuk dua besar dan menyaksikan jauhnya perbedaan jumlah kekayaan pribadi Amancio Ortega, pemilik klub Deportivo La Coruna, dengan peringkat sebelumnya.
Anda bisa jadi kurang familiar dengan miliuner berusia 77 tahun ini tetapi Anda mungkin pernah mendengar merk pakaian Zara yang dimilikinya.
Sebagai seorang pemilik klub sepak bola, tidak ada yang meragukan hasrat yang dimiliki Ortega. Gosipnya, ia sempat menunda pernikahan anak perempuannya selama 90 menit untuk menyaksikan Deportivo berlaga. Sayang, hasratnya saja tidak cukup karena Depor terdegradasi dari La Liga musim lalu.

 01. Carlos Slim Helu
Carlos Slim Helu
Klub: Club Pachuca (Meksiko), Club Leon (Meksiko), Real Oviedo (Spanyol)
Kekayaan pribadi: $73 miliar (Rp 726,86 triliun)
Peringkat Forbes: 1
Orang terkaya yang memiliki klub sepak bola adalah juga orang terkaya di dunia, Carlos Slim Helu, yang lebih kaya $6 miliar ketimbang Bill Gates ($67 miliar).
Kekayaan Slim berasal dari bisnis telekomunikasi dan melihat jumlah uang yang dimilikinya, tidak mengherankan jika ia memiliki lebih dari satu klub sepak bola.
Setelah memiliki dua tim di Liga Primer Meksiko, Club Pachuca dan Club Leon, pada November tahun lalu Slim membeli saham mayoritas klub divisi tiga Spanyol, Real Oviedo, yang tengah mengalami kesulitan keuangan.

sumber : MSN.com

Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS