Penyakit Mata Rabun Senja - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Penyakit Mata Rabun Senja

rabun senja


Penyakit Mata Rabun Senja - Rabun senja atau disebut juga dengan rabun ayam yaitu tidak dapat melihat dengan baik pada waktu senja. Pada tahap selanjutnya penderita mengalami kekeringan mata (xerosis). Bagian putih mata akan menjadi suram dan mulai mengeriput.

 
Jika penyakit ini semakin parah, maka kornea akan menjadi rusak dan dapat menyebabkan kebutaan. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Penyebab dari penyakit rabun senja adalah kekurangan makanan yang bergizi terutama yang mengandung vitamin A. Retinol pendting untuk elaborasi rodopsin (penglihatan remang-remang) oleh batang, reseptor sensori retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan alam cahaya tingkat rendah. Oleh karena itu defisiensi vitamin A dapat mengganggu produksi rodopsin, mengganggu fungsi batang dan menimbulkan buta senja atau rabun senja.

Baca juga artikel menarik lainnya : Dokter Ini Ingin Cangkok Kepala Manusia, Setelah Sukses Cangkok Seribu Kepala Tikus

Rabun senja atau buta senja pada umumnya adalah manifestasi defisiensi vitamin A yang paling awal. Bila ringan, rabun senja atau buta senja dapat timbul hanya setelah stress cahaya karena berada dalam cahaya terang, seperti main layang-layang pada hari cerah. Anak-anak mengalami rabun senja tidak akan berjalan-jalan dalam rumah atau disekitar rumah setelah senja, tetapi lebih suka duduk dipojok yang aman, sering tidak mampu untuk mencari makanan atau mainannya. Rabun senja yang diderita oleh anak-anak pra sekolah saat ini adalah khas defisiensi vitamin A. Penyebab lain dari keadaan ini relative jarang dan hampir tidak pernah ada pada kelompok usia ini.

Beberapa kelompok masyarakat atau budaya, terutama yang endemic defisiensi vitamin A, menggunakan istilah khusus untuk menggambarkan keadaan ini seperti rabun ayam (ayam kurang mempunyai sel batang, karena itu rabun di waktu senja).

Terapi penyembuhan rabun senja adalah :
Resep 1
bahan : wortel secukupnya di jus hingga tertampung 250 cc, lalu diminum setiap pagi sebelum sarapan.
Resep 2 :
Bahan : 30 gram bunga sedap malam kering (kim cim) + 15 gram kie cie, rebus dengan 300 cc air gingga tersisa 150 cc, airnya digunakan untuk memblender 300 gram wortel dan kie cie yang telah direbus, lalu diminum
Resep 3:
Bahan : 100 cc jus wortel + 100 cc jus buah kesemek + 100 cc jus jeruk manis, dicampur lalu di minum
Resep 4 :
Bahan : 300 gram wortel + 200 gram daging buah mangga + 100 gram anggur (beserta bijinya) diblender dengan menambahkan air secukupnyal, lalu diminum.
Resep 5 :
Bahan : 400 gram wortel + 10 gram daun kelor + 100 gram buah leunca, diblender dengan menambahkan 150 cc air,disaring, airnya dipanaskan hingga mendidih, lalu hangat-hangat diminum.

Lakukan secara teratur.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon