-->

FOLLOW BY EMAIL

Thursday, 18 July 2013

Perbedaan Format Video


perbedaan format video

Analisis Video:
video dengan ekstensi AVI jauh lebih bersih dan gambarnya lebih tajam dibangdingkan dengan video dengan format MPEG, SWF, FLV,3GP maupun MOV. hal itu sebanding dengan ukuran filenya yang besar karena AVI merupakan jenis file video yang tidak terkompresi. 

Tidak ada perbedaan kualitas yang mencolok antara MPEG dengan AVI, tapi ukuran file MPEG lebih kecil jika dibandingkan dengan AVI. Format video 3GP biasanya digunakan pada handphone, ukuran dan kapasitas gambarnya sangat kecil dibandingkan dengan format yang lain. SWF merupakan file video yang bisa dibuka di macromedia flash dengan kapasitas lumayan kecil, jika gambar diubah dalam ukuran full size, maka gambarnya akan pecah/kotak-kotak. Begitu juga dengan FLV, juga bisa di buka dengan mengggunakan macromedia flash tapi dengan kualitas gambar yang lebih bagus jika dibandingkan dengan SWF.



Perbandingan rata- rata terhadap AVI:

1. MPEG (Moving Picture Expert Group)

Ukuran file MPEG lebih kecil dibandingkan dengan file AVI, karena file MPEG termasuk kepada jenis file video yang termasuk format video terkompresi.

2. 3GP (3rd Generation Partnership Project)

Ukuran file 3GP merupakan ukuran file video terkecil di antara format video di atas. Karena format file 3GP biasanya digunakan pada handphone.

3. SWF (Shock Wave Flash)

File video SWF merupakan tipe video yang bisa dibuka oleh macromedia flash (Adobe), ukuran filenya juga lebih kecil jika dibangdingkan dengan MPEG dan FLV. Hasil convert AVI ke SWF menyebabkan gambar video menjadi pecah.

4. FLV (Flash Video)

Ukuran filenya sebanding dengan ukuran file MPEG & AVI.

Penggunaan masing-masing format :
1. AVI
Format ini termasuk pada format viodeo yang tidak dikompresi. Format AVI merupakan standar microsoft dan windows sebagai platformnya. Video yang menggunakan format ini akan menghasilkan ukuran file yang sangat besar karena resolusi yang dipakai sesuai dengan resolusi asli sumber video. Format ini juga dipakai sebagai kualitas terbaik yang digunakan untuk menentukan hasil akhir dari sebuah video. Namun format ini hanya dapat dimainkan di komputer saja.

2. MPEG
Termasuk dalam format video terkompresi dan dijadikan untuk video yang disimpan pada disk. Resolusi video yang berformat MPEG mendukung resolusi setengah layar dan satu layar, tergantung versi MPEGnya.

3. MOV
Termasuk dalam format video terkompresi. MOV dibuat oleh APPLE komputer dan dijalankan pada platform macintosh, tetapi sekarang sudah bisa digunakan pada windows dengan menginstall CODEC quick time. MOV termasuk video yang ditujukan untuk online video, website yang berbasis multimedia dan CD-ROM. Salah satu keunggulan format MOV adalah dapat mendukung video yang interaktive yaitu virtual reality.

4. 3GP
Format video ini biasanya di hasilkan oleh handphone. Sedangkan untuk kamera digital tidak mendukung format ini dalam vitur videonya.

5. SWF
Adalah tipe video yang bisa dibuka dengan oleh macromedia flash.

6. FLV
Ekstensi file FLV digunakan untuk menyimpan file Macromedia Flash Player. Setelah Macromedia dibeli oleh Adobe, telah diubah namanya menjadi Adobe Macromedia Player. Ini adalah yang paling populer format multimedia informasi di internet. Vector dapat mentransfer gambar, video streaming, audio dan teks. Satu keuntungan besar bahwa ia memiliki bahasa pemrograman yang terdapat didalamnya dan pengembang dapat software kode sangat maju internet menggunakan aplikasi ini.

Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS