-->

FOLLOW BY EMAIL

Wednesday, 7 May 2014

Mengenal Teknologi NFC

Teknologi NFC (Near Field Communication) adalah pita wireless jarak pendek yang memungkinkan pertukaran data jarak pendek antar perangkat yang memiliki kemampuan NFC. Teknologi NFC sendiri ini mulai dipopulerkan oleh beberapa vendor Handphone akhir-akhir ini. http://sekitarduniaunik.blogspot.com/2014/05/mengenal-teknologi-nfc.html


Lalu apa kegunaan dari teknologi NFC ini?

Berbagai data dapat dipertukarkan ketika kita menggunakan teknologi NFC ini yaitu dengan cara melakukan penempelan sesama alat yang memiliki chip elektronik NFC ini secara bersebelahan dengan jarak yang dekat.

Anda dapat bayangkan data-data seperti kartu nama, kupon, bahkan informasi pembayaran seperti kartu kredit dan debit bank (tentu saja diamankan dengan menggunakan PIN).

Jadi nantinya anda akan dapat menggunakan handphone anda sebagai alat pembayaran menggantikan credit card atau debit card seperti yang lazim kita gunakan sekarang. Beberapa perusahaan raksasa telah menilik kemampuan NFC ini untuk nantinya akan diintegrasikan ke sistem bisnis masing-masing seperti contohnya Google dengan produk Google Walletnya.

Sejarah Singkat NFC

http://sekitarduniaunik.blogspot.com/2014/05/mengenal-teknologi-nfc.html
Teknologi NFC ini adalah hasil penelitian dari perusahaan Sony dan NXP, penelitian ini melibatkan teknologi radio dan chipset yang ditanamkan dalam perangkat. Sebenarnya ide ini berawal dari RFID (Radio Frequency Identification). RFID adalah teknologi yang umum untuk melakukan tagging barang, inventarisasi barang di warehouse, dan juga smart passport.

Hanya saja NFC lebih canggih dibandingkan RFID karena dilengkapi dengan kemampuan untuk integrasi dengan prosesor dan juga sistem operasi yang canggih seperti contohnya integrasi dengan sistem operasi Android.

Mode Operasi NFC

NFC ini bekerja dengan tiga mode operasi yang lazim digunakan yaitu:
  • Mode Emulasi Kartu
Mode ini adalah handphone digunakan untuk mengemulasikan kartu kredit, Ini akan mengintegrasikan handphone anda seolah-olah sebagai kartu kredit dengan jaringan payment prosesor yang sudah ada seperti Visa dan Mastercard.
  • Mode Pembacaan
Mode ini adalah mempermudah handphone anda untuk membaca tag pasif RFID dari poster, selebaran, stiker. Contoh penggunaannya adalah anda mendekatkan handphone RFID anda
  • Mode Peer to Peer
Mode ini adalah jika anda ingin melakukan transaksi individual dengan sesama orang yang memiliki perangkat NFC. Maka uang tunai tidak lagi diperlukan dalam transaksi ini lagi.
 
Dalam banyak hal NFC ini memiliki banyak kesamaan dengan teknologi nirkabel seperti bluetooth namun perbedaannya cukup signifikan juga seperti misalnya NFC lebih cepat mentransmit data ke sesama perangkat dan jarak pancar radio yang lebih pendek dibandingkan dengan bluetooth.

Hal-hal yang Bisa Kita Lakukan Dengan Teknologi NFC, sebagai contoh
Mode pembayaran nirkabel hanyalah salah satu cara penggunaan teknologi NFC ini, ada banyak sekali aplikasi yang menggunakan teknologi ini seperti misalnya:
  • Memonitor kesehatan kita
  • Pengecekan boarding tiket pesawat, kereta api, dsb
  • Membuka pintu rumah, mobil, kamar hotel
  • Memasangkan perangkat bluetooth kita secara instan dengan menempelkan NFC ini
  • Log in ke jaringan Wi-Fi
  • Memulai video chat atau konferensi
  • Berbagi file music atau dokumen antar handphone
  • Menjadi elektronik kupon
http://sekitarduniaunik.blogspot.com/2014/05/mengenal-teknologi-nfc.html

Kesimpulan

Adopsi teknologi NFC ini bergantung pada pemain besar yang berkepentingan dengan teknologi ini seperti misalnya: Google, ISIS, Samsung.

Awal kemunculan teknologi ini akan dimulai dari orang-orang yang mengadopsi pertama kali dan penggunaan yang mungkin hanya untuk senang-senang seperti sharing musik, dokumen, dan file lainnya.

Ketika sudah banyak orang yang familiar dengan kehadirannya maka bukan tidak mungkin penggunaan yang lebih serius seperti mobile payment akan mulai dilirik dan digunakan oleh sebagian besar orang.

Source : http://gadgetpintar.com/mengenal-teknologi-nfc-near-field-communication/


Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS