Sejarah dan Fakta Unik Patung Liberty - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Sejarah dan Fakta Unik Patung Liberty



http://sekitarduniaunik.blogspot.com/2014/05/sejarah-dan-fakta-unik-patung-liberty.html


Jika kalian pergi ke New York, maka kalian akan melihat patung besar, berupa patung wanita yang membawa obor. Ya, patung Liberty. Patung ini merupakan hadiah dari rakyat Prancis kepada rakyat Amerika saat ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100. Hal ini merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara.


Patung ini di desain oleh seorang pemahat Perancis yang bernama Frédéric-Auguste Bartholdi, selesai pada bulan Juli 1884. Setelah selesai dibuat di Prancis, patung tersebut dibongkar, lalu dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika. Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe’s Island di mulut pelabuhan Kota New York. Sehingga patung ini merupakan patung penyambut siapa saja yang masuk ke USA sekaligus menunjukan betapa megahnya negeri paman sam ini. Namun karena lamanya proses pengepakan, patung Liberty baru bisa diresmikan oleh presiden Amerika ,Grover Cleveland pada tanggal 28 Oktober 1886 dan terhitung sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri diatas landasan setinggi 46 meter. Sehingga total tinggi patung liberty plus landasannya setinggi 92 meter, benar benar tinggi laksana raksasa. Tentunya tidak hanya tinggi tapi juga kuat karena bagiandalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga. Rangka baja patung Liberty, dibuat dan dirancang oleh Gustave Eiffel, seorang yang merancang dan membangun Menara Eiffel. Sedangkan dinding berbentuk bintang yang mengelilingi alas, memiliki tinggi 47-m (154-ft). Dinding ini merupakan bagian dari Fort Wood.

Terdapat 3 patung liberty di dunia ini, yaitu :

  
http://sekitarduniaunik.blogspot.com/2014/05/sejarah-dan-fakta-unik-patung-liberty.html
Inilah patung  liberty yang kita bahas di atas, patung liberty yang kita kenal sebagai patung liberty yang ada di New York.



http://sekitarduniaunik.blogspot.com/2014/05/sejarah-dan-fakta-unik-patung-liberty.html
Ini patung liberty yang ada di Luxembrourg yang merupakan kota kecil ditengah tengah Eropa Barat.






http://sekitarduniaunik.blogspot.com/2014/05/sejarah-dan-fakta-unik-patung-liberty.html
Dan ini patung liberty yang ada di Perancis, terlihat pula icon perancis yang biasanya kita kenal , ya menara Eifel. Dan keduanya nampak berpadu membentuk pemandangan yang bagus.

Lalu apa arti dari patung Liberty itu ?

     Patung ini melambangkan kemerdekaan atau kebebasan rakyat Amerika. Patung ini berwujud seorang dewi yang memegang obor dan sebuah tablet (sabak). Obor dilambangkan sebagai sesuatu yang menerangi jalan agar bebas dari kegelapan, di tafsirkan sebagai masyarakat yang melihat adanya harapan (akan masa depan yang cerah) dan sabak di lambangkan sebagai pemuat pasal-pasal hukum yang adil bagi siapa saja dan ini merupakan lambang dari keadilan. 

Di bagian depan tablet tertulis tanggal kemerdekaan USA yaitu 4 Juli 1774. Selain itu, rantai patah di kaki sang dewi juga melambangkan kebebasan rakyat USA dari berbagai bentuk penindasan dan penjajahan. Lengkap sudah arti berbagai benda yang dibawa sang dewi. Statue of Liberty ini berdiri kokoh di Ellis Island seolah siap menyambut siapa saja yang masuk ke USA dengan kebebasan yang sejati.




Fakta Unik Patung Liberty :

Pada hari ulang tahun Amerika Serikat, tepatnya 4 Juli 2013, Patung Liberty akhirnya kembali dibuka. Patung kebanggaan dan atraksi wisata terkenal di New York ini ternyata memiliki banyak fakta unik.

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Telegraph, Sabtu (5/7/2013):

1. Nama asli patung ini adalah Liberty Enlightening the World.
2. Patung ini merupakan pemberian dari Prancis untuk Amerika pada 1886.
3. Patung Liberty adalah seorang figur perempuan yang melambangkan Libertas, Dewi Kebebasan dari Romawi.
4. Patung ini memegang obor dan sebuah tablet yang bertuliskan tanggal deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat, yaitu 4 Juli 1776.
5. Patung ini memiliki tinggi 92 meter, dengan berat 204 ton. Untuk mencapai puncaknya, pengunjung harus memanjat 354 anak tangga.
6. Dari mahkota Patung Liberty, wisatawan dapat melihat panorama Kota New York. Di mahkota ini terdapat 25 jendela.
7. Patung Liberty dikunjungi sekira 4 juta wisatawan setiap tahunnya. Bila dibandingkan, patung ini cukup sejajar statusnya dengan Menara Eiffel yang dikunjungi 6 juta wisatawan dan London Eye yang dikunjungi 3,5 juta turis setiap tahun.
8. Patung Liberty berada di Pulau Liberty, di pesisir New York. Kapal ferry yang mengantarkan pengunjung ke pulau ini gratis, lho!
9. Patung ini kerap muncul dalam film-film terkenal, seperti Planet of the Apes, Independence Day, dan The Day After Tomorrow. Bahkan, patung ini sering menjadi sasaran penghancuran alien dalam film.
10. Pada 1984, Patung Liberty menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO
11. Sejak dibangun, Patung Liberty tercatat sudah 600 kali tersambar petir.
12. Patung ini juga pernah menjadi tempat bunuh diri. Sudah dua kali ada orang yang melompat dari patung ini dan tewas, yaitu pada 1929 dan 1932. Beberapa mencoba melompat namun selamat.
13. Karena populernya, banyak terdapat replika patung Liberty, seperti di Paris dan Las Vegas.
14. Sejak awal dibangun pada 1886 hingga 1902, patung ini berfungsi menjadi mercusuar, yang dapat memandu kapal-kapal hingga 24 mil.
15. Tahun ini, Patung Liberty akan berulang tahun yang ke-127.
16. Patung ini beberapa kali sempat ditutup. Di antaranya setelah serangan 11 September 2001, dan baru dibuka kembali tiga tahun kemudian pada 2004 dan dibuka sepenuhnya pada 2009. Kemudian pada 2012, patung ini kembali ditutup karena Badai Sandy, dan baru dibuka kembali pada HUT AS 4 Juli 2013.
17. Patung ini mengalami kerusakan kecil saat Perang Dunia I karena serangan Jerman. Tangga menuju obornya rusak parah, dan ditutup untuk umum sejak saat itu.
18. Hingga kini, tak ada pengunjung yang bisa mencapai obor patung ini.
19. Kapal pribadi tidak diperbolehkan merapat di pelabuhan Pulau Liberty, tempat patung ini berdiri. Satu-satunya jalan untuk mencapainya adalah dengan kapal ferry.
20. Bila ada angin kencang dengan kecepatan 50 meter per jam, maka Patung Liberty dapat bergoyang sejauh 3 inci, sementara obornya bergerak 5 inci.


Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon