-->

FOLLOW BY EMAIL

Thursday, 7 August 2014

10 Fakta Mengejutkan di Balik Sosok Larry Page, CEO Google



1. Ketertarikannya pada Komputer dimulai Sejak Usia Enam Tahun 

Menurut Larry, rumahnya berantakan, dengan komputer dan majalah Popular Science di semua tempat. Ketertarikannya pada komputer dimulai ketika ia baru berusia enam tahun saat ia harus bermain dengan barang-barang yang ada di sekitarnya. Ia menjadi anak pertama di sekolah dasar yang menyerahkan tugas dari pengolah kata. Larry mengatakan ia belajar dari usia yang sangat dini untuk menemukan hal-hal yang merupakan alasan mengapa ia menjadi tertarik pada teknologi dan bisnis. "Ketika saya berumur 12 tahun, saya tahu akan memulai sebuah perusahaan," katanya dalam sebuah wawancara.

2. Membuat Proyek Backrub Bersama Sergey Brin

Setelah mendaftarkan diri untuk program Ph.D. dalam ilmu komputer di Stanford University, Larry Page menjelajahi sifat matematis dari World Wide Web, memahami struktur link sebagai grafik besar. Dia bersama dengan Brin, mulai bekerja pada sebuah proyek penelitian yang mereka sebut "BackRub" untuk merancang metode untuk menentukan jumlah halaman Web terkait dengan salah satu halaman tertentu. Karena sumber daya yang diperlukan untuk merangkak seperti sejumlah besar dokumen yang jauh melampaui batas-batas biasa dari sebuah proyek mahasiswa, sehingga Page mulai membangun keluar crawler nya.

Untuk mengkonversi data backlink yang dikumpulkan oleh BackRub, Brin dan Page mengembangkan web crawler dan algoritma PageRank, dan menyadari bahwa itu dapat digunakan untuk membangun sebuah mesin pencari jauh lebih unggul dari yang sudah ada. Awalnya BackRub akan berganti nama menjadi Googol, namun karena adanya kesalahan penulisan menjadi "Google".

3. Misinya adalah "Mengatur Informasi Dunia dan Membuatnya Dapat Diakses Secara Universal"

Page dan Brin meresmikan Google sebagai perusahaan swasta pada tahun 1998 dan memindahkan server mereka dari kamar asrama Larry Page ke sebuah garasi rumah di Menlo Park, California. Setelah menyelesaikan gelar Master, mereka mengambil cuti dari program Ph.D. untuk berkonsentrasi membangun bisnis mereka. Pada awalnya, Larry Page menjabat sebagai CEO perusahaan, Sergey Brin sebagai presiden. Misi mereka adalah "untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan berguna." Setelah menyaksikan beberapa pertumbuhan, perusahaan segera menyewa sebuah komplek bangunan di Mountain View, California pada tahun 1999. Google telah membeli seluruh properti, yang dikenal sebagai Googleplex, salah satu tempat kerja yang paling keren dan inovatif di dunia, penuh dengan fasilitas olahraga dan rekreasi.

4. Meningkatkan Penggunaan Energi Ramah Lingkungan

Bertempat tinggal di Palo Alto, California, Page adalah pendukung utama bentuk energi bersih. Jaringan rumah menggunakan jenis baru sel bahan bakar, energi panas bumi, dan dapat menampung air hujan.

5. Sosok yang Mencintai Petualangan

Larry Page adalah petualang yang suka berbagai olahraga outdoor, terutama Kiteboarding. Dia juga mengunjungi Necker Island, Alaska dan pulau pribadi Sir Richard Branson untuk menikmati olahraga favoritnya. Page juga suka bepergian ke Alaska dengan jet pribadinya setiap kali ia ingin bersantai. Larry Page memiliki yacht mewah ekspedisi bernama "Senses" yang dibuat oleh Schweers, perusahaan pembuat perahu asal Jerman. Yacht mewah ini dibelinya dengan harga sekitar $45 juta.

6. Mengendarai Mobil Ramah Lingkungan

Selain itu dia juga mengendarai sepeda motor trail listrik Zero X dan mobil sport listrik dari Tesla Motors, di mana ia dan co-founder Google Sergey Brin adalah investor di perusahaan tersebut.

7. Lebih Memilih Mendanai Perusahaan Tesla Daripada Menyumbangkannya ke Yayasan Amal

Agan dapat menonton Larry Page memberikan TED Talk pada video di atas. Larry Page menyatakan bahwa ia akan lebih memilih untuk memberikan tabungan hidupnya untuk pendiri Tesla Elon Musk, daripada mewariskan kekayaannya untuk organisasi amal. Elon Musk juga merupakan CEO SpaceX, sebuah perusahaan yang bertujuan untuk membuat orang bumi dapat hidup di planet lain. The Christian Science Monitor mencatat bahwa uang Larry Page cukup untuk mendanai SpaceX membangun sebuah stasiun ruang angkasa baru.

8. Page Menginginkan Revolusi

Dilansir dari situs Wired, Page membuat pernyataan sebagai berikut.
"Kebanyakan orang berpikir perusahaan pada dasarnya jahat. Mereka mendapatkan dampratan yang buruk. Dan saya pikir itu agak benar... Perusahaan melakukan hal yang sama tambahan yang mereka lakukan 50 tahun yang lalu, 20 tahun yang lalu. Itu tidak benar-benar apa yang kita butuhkan. Terutama dalam teknologi, kita perlu perubahan revolusioner, perubahan tidak bertahap."

9. Kekayaan Bersih Sebesar $31,37 Miliar

Menurut Forbes, Larry Page memiliki kekayaan bersih $31.370.000.000. Di tahun 2013 saja, Page dan sesama pendiri Google Sergey Brin memperoleh kekayaan bersih sebesar gabungan $ 5.900.000.000. Pendapatan gabungan disebabkan oleh lonjakan tiba-tiba dalam harga saham Google.

10. Page Adalah Salah Satu Orang Paling Berpengaruh dalam Sejarah Manusia

Tahun lalu, Business Insider merilis artikel berjudul "Google CEO Larry Page Is Becoming One Of The Most Powerful People In Human History". Artikel ini membandingkan Page dengan berbagai tokoh sejarah lainnya seperti raja Perancis Louis XIV, Khufu, serta Firaun yang menugaskan pembangunan Piramida Besar. Artikel tersebut menambahkan bahwa Page memiliki anggaran besar di Google, yang digunakan untuk kedua proyek bisnis dan "moonshots".

Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS