-->

FOLLOW BY EMAIL

Tuesday, 20 October 2015

Kenapa Air Laut Rasanya Asin?

Pantai - Sekitar Dunia Unik

Sekitar Dunia Unik - Bagi Anda yang sering pergi ke pantai, pasti tahu dong, air laut itu rasanya asin, bila Anda mencicipinya. Lalu pernahkah Anda bertanya, kenapa air laut rasanya asin?


Sebenarnya air laut itu berasal dari air hujan yang turun, lalu mengalir ke sungai-sungai dan terakhir bermuara ke laut. Air laut akan menguap menjadi awan, dan kemudian turun kembali menjadi air hujan, begitu seterusnya. Sepanjang proses tersebut, air yang mengalir akan membawa garam-garam mineral, seperti natrium, kalsium, kalium dan lain lain.

Baca juga artikel : 7 Tangkapan Ikan Terbesar di Dunia

Darimana garam-garam mineral tersebut?

Kumpulan garam mineral tersebut didapatkan dari kerak bumi dan bebatuan yang dilalui sepanjang air mengalir. Ketika berada di laut, kumpulan garam mineral tersebut akan tetap tinggal di laut, sedangkan air akan kembali menguap menjadi awan. Kumpulan garam mineral inilah yang membuat air laut menjadi asin.

Baca juga artikel : 10 Bencana Banjir Terbesar di Dunia

Keadaan suhu yang berbeda-beda menyebabkan tingkat keasinan air laut di setiap bagian di dunia akan berbeda. Sebagai contoh, Anda bisa melihat Laut Mati, karena suhu yang panas, maka proses penguapan yang terjadi pun lebih besar, sehingga tingkat keasinan air lautnya semakin tinggi.

Laut Mati memiliki rasa air yang 9 kali lebih asin dibandingkan air laut pada umumnya, hal ini karena disebabkan tingkat kadar garam Laut Mati lebih tinggi 30%.

Baca juga artikel : 10 Hewan Terberat di Dunia

Jadi air laut rasanya asin itu bukan karena keringat si ikan yang lagi berenang ya...

Demikian artikel mengenai kenapa air laut rasanya asin? semoga bermanfaat.
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
2 Comments

FOLLOWERS