-->

FOLLOW BY EMAIL

Tuesday, 6 September 2016

10 Buah Unik yang Belum Pernah Anda Temui

Sekitar Dunia Unik – Anda tentu mengenal bermacam buah-buahan, seperti pepaya, pisang, apel dan jeruk, dimana buah-buahan tersebut tidak asing lagi dan juga sangat mudah untuk ditemui di Indonesia maupun di negara lain.


Namun tanpa disadari, ada banyak macam buahan yang ternyata cukup unik dan mungkin saja Anda belum pernah mendengarnya sebelumnya. Penasaran seperti apa buah-buahan yang unik tersebut? Mari kita simak selengkapnya, seperti yang Admin kutip dari situs tentik.com.


Safou, Si Pir Afrika
Buah Safou - Sekitar Dunia Unik


Buah yang memiliki warna kulit biru keungu-unguan ini berasal dari hutan tropis lembab Afrika. Buah safou atau nama ilmiahnya Dacryodes Edulis ini memiliki panjang sekitar 14 cm.

Buah ini memiliki nilai kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat mengatasi permasalahan kelaparan di Afrika. Safou juga mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, trigliserida, asam amino dan asam lemak esensial.


Physalis
Buah Physalis - Sekitar Dunia Unik

Buah physalis dibungkus dengan lembaran kulit berserat yang cukup unik. Tidak sedikit juga yang mengatakan jika buah ini memiliki kekerabatan yang erat dengan golongan terong, tomat dan paprika.

Buah ini memiliki tingkat keasaman yang hampir mirip dengan tomat. Buah physalis sering disajikan dengan pasta dan diolah menjadi saus yang segar.


Ackee
Buah Ackee - Sekitar Dunia Unik

Karena bentuknya yang unik, buah ini juga sering disebut dengan ‘vegetables brain’. Buah yang berasal dari Afrika Barat ini telah dibudidayakan di Haiti, Jamaika dan Kuba. Uniknya, di wilayah Karibia, buah ini juga dijadikan sebagai pelengkap masakan.


Jika tidak diolah dengan baik dan benar, buah ini dapat menimbulkan penyakit, dan yang lebih parahnya lagi dapat membahayakan nyawa Anda. Salah satunya adalah muntah-muntah yang berujung pada koma dan kematian.


Mamey Apple
Buah Mamey Apple - Sekitar Dunia Unik

Buah yang memiliki banyak variasi ini merupakan buah asli Amerika Selatan. Buah yang memiliki nama lain Mammee Apple atau Aprikot Santo Domingo ini juga dapat ditemukan di Florida dan Hawaii. Buah ini memiliki diameter sekitar 20 cm dan berkulit tebal serta isi buahnya berwarna kuning.


Hala Tree Fruit
Buah Hala Tree Fruit - Sekitar Dunia Unik

Ternyata wilayah Hawaii tidak hanya terkenal dengan pantainya saja, namun juga keanekaragaman hayatinya. Buktinya buah unik ini merupakan buah asli dari Hawaii. Tampilan luar buah ini tampak seperti sekumpulan tusukan kecil yang berwarna merah.


Pepino
Buah Pepino - Sekitar Dunia Unik

Buah ini sekilas nampak mirip dengan buah semangka. Dengan corak garis lurus berwarna coklat tua atau berwarna hitam. Ternyata buah pepino ini memang berasal dari persilangan antara buah melon dengan buah pir. Buah pepino ditanam di wilayah Amerika Selatan dan diekspor hingga ke wilayah Turki dan Selandia Baru.


Cupuacu
Buah Cupuacu - Sekitar Dunia Unik


Buah unik berikutnya adalah cupuacu. Unik sekali namanya, namun memiliki citarasa yang sangat lezat dan memiliki manfaat yang luar biasa. Buah yang berasal dari daratan Amazon ini mirip dengan campuran pisang, nanas dan buah pir. Dan biasanya buah cupuacu ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup.


Apel Kayu
Buah Apel Kayu - Sekitar Dunia Unik

 Anda mungkin akan berpikir jika buah ini memiliki struktur yang keras bukan? Yup tepat sekali. Sesuai dengan namanya, buah apel kayu memiliki struktur kulit yang keras mirip kayu. Bagi umat Hindu, pohon buah apel kayu selalu dijaga dan dirawat karena mereka menganggap pohon ini suci dan juga keramat. Buah ini pada umumnya berwarna abu-bau, kuning dan atau hijau.


Kiwano Melon
Buah Kiwano Melon - Sekitar Dunia Unik

Ada yang sudah pernah mendengarnya? Karena memang buah ini cukup unik dan belum pernah ditemui di Indonesia sebelumnya. Nampak dari luar, buah ini mirip dengan buah naga, namun bagian dalamnya mirip dengan mentimun yang memiliki struktur biji melingkar berwarna hijau. Buah kiwano melon tumbuh di wilayah California, Afrika Selatan dan Selandia Baru.

Banyak yang menyebut jika buah ini merupakan perpaduan dari mentimun, buah jeruk dan buah pisang. Buah kiwano melon berwarna kekuningan dengan isi buahnya berwarna hijau terang.


Yangmei
Buah Yangmei - Sekitar Dunia Unik


Buah yang satu ini memang nampak mirip seperti buah strawberry. Buah yangmei berasal dari Tiongkok dan terkenal juga dengan sebutan bayberry. Buah yang memiliki nama latin Myrica Rubara ini dapat disajikan dengan beragam cara, mulai dari memakannya secara langsung, difermentasi maupun dikeringkan. Karena memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat, tidak jarang buah yangmei sering diolah dengan cara dikeringkan dan dijadikan sebagai bahan minuman keras yang disebut baiju.






Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS