10 Buah Unik Hasil Persilangan. Nomor 3 Indonesia Punya! - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

10 Buah Unik Hasil Persilangan. Nomor 3 Indonesia Punya!

Mangga avocado via Twitter/mirota_kampus

Sekitar Dunia Unik - Semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat sebagian orang untuk melakukan inovasi di berbagai bidang. Bahkan buah-buahan pun tidak luput dari hasil inovasi yang terkadang bisa dibilang nyeleneh. Bagaimana tidak. Buah-buahan dikombinasikan dari dua tanaman berlainan jenis atau lebih dengan cara penyilangan.

Jenis buah-buahan pun saat ini tidak hanya diproses secara alami, melainkan bisa melalui serangkaian proses rekayasa atau biasa disebut hibrida. Hibrida merupakan sebuah istilah yang mengarah pada generasi dari hasil persilangan antara dua atau lebih jenis tanaman yang berbeda. Baca juga artikel : Stroberi Ini Dijual Dengan Harga Yang Fantastis

Penasaran seperti apa hasil penyilangan buah tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari hipwee.com :

1. Bagaimana rasanya jika dua buah apel berbeda rasa disilangkan? Rasanya mirip minuman bersoda. Varietas yang dinamakan Paradis Sparkling ini kali pertama ditemukan oleh para ahli dari pembibitan buah di Lubera, Swiss yang telah berhasil melakukan persilangan apel resi dan apel pirouette dari Inggris.

Buah Paradis Sparkling via kiosdomino.com

2. Buah hasil penyilangan berikutnya berasal dari tiga buah yang berbeda, yakni semangka, mentimun dan jeruk nipis. Buah yang ditanam di dalam pot ini berasal dari Meksiko dan mampu bertahan dari serangan hama dan tanah kering.

Buah cucamelon via underwoodgardens.com

3. Ternyata Indonesia pernah melakukan persilangan dari tiga jenis mangga, yakni mangga arum manis, mangga gadung dan Jawa. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementrian Pertanian (Kementan) kali pertama melakukan persilangan di Kebun Percobaan Cukur Gondang, Pasuruan, Jawa Timur, pada awal November ini.

Buah mangga avocado via Twitter/mirota_kampus

4. Rasa unik yang dihasilkan antara lemon dan mawar ini dinamakan Lemato, merupakan gabungan antara lemon dan tomat, juga memiliki aroma antara geranium dan serai.

Buah lemato via hipwee.com

5. Hmmm, yang ini cukup nikmat loh. Buah bervitamin tinggi, kiwi disilangkan dengan buah beri dan menghasilkan buah kiwi dengan kulit yang tidak berbulu dan berukuran kecil. Layaknya buah jenis beri lainnya, Kiwi Berries ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.

Buah kiwi berries via hipwee.com

6. Todd Snyder of C&O Nursery menyuntikkan perisa anggur ke dalam buah apel agar menghasilkan sensasi rasa yang berbeda. Buah yang diberi nama Grapple ini memiliki bentuk yang menyerupai buah apel Fuji dengan warna kulit agak merah kekuning-kuningan.

Buah grapple via hipwee.com

7. Kali ini buah mangga lagi yang disilangkan dengan plum, disebut Plango. Buah ini dikembangkan di Thailand dan memiliki rasa yang mirip dengan mangga akan tetapi kulitnya dapat dimakan.

Buah plango via hipwee.com

8. Buah jeruk berbentuk agak nyeleneh ini disilangkan antara tiga buah jenis jeruk, yakni pomelo, tangerine dan jeruk. Tapi rasanya manis dan tetap ada asam sedikit khas jeruk. Namanya buah ugli karena bentuknya yang agak jelek (ugly).

Buah ugli via friendsfoodfamily.com

9. Seorang Gregori G. Hambali dari Margianasari berhasil melakukan persilangan antara dua jenis buah dalam varian yang sama, yakni buah nangka dan cempedak. Buah yang rasanya justru lebih manis dari keduanya ini dinamakan Nangkadak.

Buah nangkadak via hipwee.com

10. Buah anggur unik berwarna hijau ini dinamakan Cotton Candy Grapes, merupakan hasil persilangan varietas tanaman anggur yang dijamin 100 persen alami. Rasanya manis seperti gula kapas.

Buah cotton candy grapes via spoonuniversity.com

Meskipun buah-buah unik tersebut tidak diperjualbelikan, akan tetapi buah unik hasil persilangan ini pernah ada. Demikian artikel tentang 10 buah hasil persilangan yang unik. Semoga dapat menambah wawasan kita seputar buah-buahan.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon