-->

Sabtu, 09 Maret 2013

Cara Menyeduh Teh Yang Benar

 
http://sekitarduniaunik.blogspot.com
 
 
 
Cara menyeduh teh yang benar - Teh adalah minuman yang paling populer di seluruh dunia. Berikut cara menyeduh teh yang benar, agar khasiatnya tidak hilang dan aromanya menjadi mantap.
1. Suhu Air. Untuk menyeduh teh hijau, suhu air yang digunakan berbeda dengan teh tubruk atau teh hitam. Teh hitam atau teh tubruk merupakan jenis yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
Suhu air sebaiknya sekitar 90 derajat celsius jika menyeduh teh hitam, sebab jika air mendidih yang langsung dipakai untuk menyeduh, maka teh bisa ‘gosong’ atau hilang khasiat dan aromanya.
Begitu juga dengan teh hijau atau teh bunga. Diamkan dulu air yang baru mendidih sekitar 1 menit, lalu tuangkan ke wadah teh.

2. Durasi. Lama penyeduhan juga mempengaruhi kandungan zat yang terdapat dalam teh. Teh hijau, bagus jika diseduh selama 30 detik, lantas langsung diminum.
Sedang teh dalam kantung seperti teh hitam, baiknya tidak lebih dari 5 menit, sebab kandungan zat pengawet dalam kantungnya dapat larut dalam minuman.

3. Wadah. Memilih teko tempat menyeduh teh, juga berpengaruh pada aroma dan khasiat. Sebaiknya wadah teh terbuat dari besi cor. Gunanya untuk menjaga suhu agar tidak cepat dingin, dan membuat daun teh maksimal mengeluarkan ekstrak dan antioksidannya.

4. Alat pengaduk. Jangan biasakan merendam alat pengaduk (sendok) di dalam secangkir teh panas. sebaiknya sendok langsung diangkat dari dalam cangkir.


Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: