-->

FOLLOW BY EMAIL

Monday, 11 March 2013

Mengapa Air Laut Asin


Laut atau bahari adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra. Air di laut merupakan campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni.

Pernahkah anda bertanya, mengapa air laut terasa asin? Tentu saja banyak jawaban yang bisa anda dapatkan baik berupa candaan ataupun yang lain.

http://sekitarduniaunik.blogspot.com/2013/03/mengapa-air-laut-asin.html
laut

Air laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Contohnya natrium, kalium, kalsium, dll. Apabila air sungai mengalir ke lautan, air tersebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga dapat menghasilkan garam yang terdapat pada batu-batuan. Lama-kelamaan air laut menjadi asin karena banyak mengandung garam.

Laut, menurut sejarahnya, terbentuk 4,4 milyar tahun yang lalu, dimana awalnya bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (dengan suhu sekitar 100 °C) karena panasnya Bumi pada saat itu. Asamnya air laut terjadi karena saat itu atmosfer Bumi dipenuhi oleh karbon dioksida. Keasaman air inilah yang menyebabkan tingginya pelapukan dan menyebabkan laut menjadi asin seperti sekarang ini. Pada saat itu, gelombang tsunami sering terjadi karena seringnya asteroid menghantam Bumi. Pasang surut laut yang terjadi pada saat itu juga bertipe mamut atau tinggi/besar sekali tingginya karena jarak Bulan yang begitu dekat dengan Bumi.
Berdasarkan keterangan diatas jujur saja saya bingung tapi saya berusaha menyimpulkan mengapa air laut terasa asin. Menurut analisa saya dari keterangan diatas yang diambil dari berbagai sumber maka asinnya air laut disebabkan karena 2 hal :

Siklus Hidrologi
Siklus Hidrologi adalah siklus air dari pengupan sampai terjadinya hujan, pada saat terjadi hujan maka air akan terbagi menjadi beberapa bagian, ada yang meresap kedalam tanah, mengalir diatas tanah dan diserap oleh mahluk hidup.
Pada saat air mengalir diatas tanah dan meresap kedalam tanah yang nantinya akan bermuara pada laut membawa partikel-partikel garam, karena didalam tanah mengandung garam.

Pelapukan
Sebenarnya pelapukan merupakan kesinambungan dari siklus hidrologi tadi karena tanah terbentuk dari proses pelapukan, tetapi mungkin pelapukan disini agak sedikit berbeda yaitu pelapukan yang terjadi karena kekuatan ombak yang melapukan batuan disekitar laut tersebut dan ahirnya membawa garam-garam yang terkandung didalam batuan ke laut sehingga air laut sekarang terasa asin.
Kemungkinan seperti itulah terjadinya mengapa air laut terasa asin, pada intinya asinya air laut karena pelapukan.
 
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS