-->

FOLLOW BY EMAIL

Tuesday, 19 March 2013

Mengenal Bagian-Bagian Handphone

Mengenal Bagian-Bagian Handphone - Bagi kita keberadaan hanphone sudah tidak asing lagi, bahkan ada sebagian dari kita sudah memiliki barang tersebut lebih dari satu. Tetapi apakah kita sudah mengenal dengan baik bagian-bagian handphone kita? Ataukah malah sebaliknya? kita hanya sebagai user biasa dan tidak mengenal sama sekali handphone kita?. Kalau memang demikian, maka artikel ini mungkin akan bisa sedikit membantu Anda, karena disini akan sedikit saya share mengenai bagian-bagian dari handphone secara umum, minimal anda akan sedikit memahami barang yang Anda miliki. Kalau Anda sudah tahu, dengan sendirinya, nantinya Anda pasti akan lebih bisa menjaga dan merawat handphone milik Anda.
 
Pembahasan kali
ini akan kita fokuskan pada bagian-bagian umum perangkat terminal handphone. Berikut ini nama komponen dan fungsinya:

Microphone. Bagian ini digunakan untuk menangkap data berupa suara yang merupakan data analog ke mode.

Speaker. Dapat disebut sebagai perangkat output yang akan menghasilkan suara. Speaker ini dapat juga digunakan untuk monitoring secara remote pada telepon seluler.

















Keypad. Merupakan perangkat input untuk melakukan akses pada handphone. Akses dapat berupa pemanggilan, navigasi game, pengiriman sms
, dan lain sebagainya.




LCD Display. Merupakan perangkat output yang berfungsi menampilkan panggilan, informasi ponsel, sinyal, informasi jaringan telekomunikasi, gambar, dan lain-lain.

Baterai dan Monitoring. Saat sebuah baterai dipasang pada handphone, handphone tersebut mempunyai kemampuan default (bawaan) disebut battery processing yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan level charge
saat pengisian arus baterai. Ini akan menunjukkan status awal hingga akhir. Monitoring ini dapat dilihat pada display LCD.

LED. Singkatan dari Light Emiting Diode, sebuah penanda miip lampu yang menunjukkan status informasi. Warna penanda ini tergantung dari merk handphone yang digunakan.

CODEC. Singkatan dari Compressor/Decompressor, merupakan pemroses suara yang bekerja
secara tandem dengan teknik kompresi sempurna.

DSP. Singkatan dari Digital
Signal Processor, merupakan komponen utama yang berfungsi melakukan koordinasi suara, SMS, dan fitur pengiriman data. Chipset ini akan melakukan proses penanganan deteksi aktivitas suara, mengatur transmisi, dan penerimaan GSM. Amplifier merupakan bagian lain berfungsi memasukkan sinyal yang dikirim dari microphone. Sinyal suara micophone (contoh pada GSM network) berupa sinyal analog yang akan dikonversikan ke digital.















SIM Card Reader. Informasi subscriber (baca:pelanggan/end user) yang ada dalam chip
SIM akan dibaca oleh SIM Card Reader dan ditransmisikan secara digital ke jaringan melalui antena atau RF unit pada saat kita memasang SIM card tersebut ke handphone. Rute ini juga akan digunakan saat akan melakukan pemanggilan nonmor tertentu. Angka/data yang ddinputkan secara digital akan ditransfer ke jaringan untuk diproses.
















RF Unit. Chipset CODEC secara otomatis akan melakukan transfer informasi yang telah dikompresi ke radio Frekuensi (RF). Secara esensial, unit RF berfungsi sebagai transmitter (baca:pemancar) dan receiver (penerima) dalam hanphone, kemuian mengirimkan data suara, serta informasi data melalui antena handphone dengan udara sebagai media transmisinya menuju base station terdekat. Proses kemudian menuju tujuan akhir yaitu tujuan panggilan yang dilakukan.Alur data suara mempunyai arah rute yang sama. Pertama yang dilakukan ialah melalui proses pemekaran kompresi ke dalam bentuk suara analog yang akan terdengar di speaker. Konversi ke dalam bentuk suara analog maupun digital maupun kebalikannya dilakukan melalui CODEC dengan kecepatan tinggi, sehingga delay (baca:jeda waktu) antara saat berbicara hingga didengar oleh lawan bicara atau sebaliknya serasa tidak terjadi.

















External Connector. Konektor luar kebanyakan terdapat di sisi bawah handphone, disebut external connector system. Bisa digunakan untuk memasang adapter data/fax, charger baterai, tool personal hands free, speaker, dan sebagainya, disesuaikan dengan lebar port konektor tersebut.

Sistem Antena. Antena telepon seluler bisa terdapat di luar maupun dalam handphone, biasanya vendor pembuat yang menentukannya.















On-Board Memory. Beberapa handphone memiliki memory chip
onboard dengan kapasitas yang disediakan untuk menyimpan nomor-nomor telepon ataupun handphone, text, maupun gambar, baik incoming maupun outgoing. Beberapa merk handphone ber-onboard memory mempunyai kemampuan untuk melakukan penyalinan antara memory SIM card dan internal memory ponsel tersebut.

Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih.



Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS