-->

FOLLOW BY EMAIL

Wednesday, 17 April 2013

Kumpulan Tips




Kumpulan Tips - Kali ini saya akan menyajikan beberapa tips yang mudah-mudahan dapat bermanfaat buat semuanya :



1. Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Sepatu?
Arang dapat mengubah sifat asam suatu benda menjadi basa, sebab utamanya adalah karena 60% arang terdiri dari alkali. Alkali bisa meningkatkan keaktifan dan memurnikan udara sehingga dapat membunuh kuman dan membantu kesehatan tubuh, sedangkan, tembaga bisa mengontrol pertumbuhan kuman. Maka jika uang logam dan arang disatukan, kemudian dimasukkan ke dalam sepatu atau lemari es, cara ini dapat menghilangkan bau tidak sedap.

2. Bagaimana Cara Membedakan Telur Rebus Matang dan Telur Mentah?
Ketika telur yang sudah matang dan yang masih mentah digabungkan jadi satu, kita tidak bisa membedakannya hanya dengan melihat atau menyentuhnya, Lalu bagaimana cara membedakannya? Caranya sederhana. Kita hanya perlu memutar telur-telur itu seperti memutar gasing. Karena sudah padat, telur yang sudah direbus akan sangat mudah berputar. Sebaliknya, karena bagian dalamnya masih berbentuk cair, telur yang masih mentah akan terus-menerus bergerak sehingga sangat sulit berputar dengan seimbang.

3. Benarkah Kuman Sangat Penting?
Kebanyakan orang mengira kuman berbahaya, tapi sebenarnya kuman memiliki peran yang sangat penting di alam ini. Kuman dapat menguraikan tumbuhan dan hewan yang sudah mati, juga bisa mengubah Nitrogen di udara menjadi nutrisi bagi makhluk hidup. Selain itu, makanan seperti acar, keju, bir, dan yogurt merupakan makanan yang terbentuk dari proses fermentasi. Bahkan di dalam usus manusia juga terdapat kuman untuk membantu mencerna makanan.

4. Mengapa Ada Selaput Tipis di Permukaan Susu Panas?
Begitu terkena panas atau asam, protein akan membeku. Oleh sebab itulah bila memanaskan susu, kandungan proteinnya akan mulai membeku. Kulit tahu yang biasa kita makan dibuat dengan menggunakan cara ini. Selain itu bila ditambah cuka, lemon, atau kandungan asam lainnya, protein dalam susu juga bisa membeku.

5. Bisakah Memakai Intan Untuk Memotong?
Sebagian besar orang mengira bahwa intan merupakan sejenis perhiasan yang sangat mahal. Namun sebenarnya di antara batu intan, bentuk kristal yang besar dan tembus pandang seutuhnya, atau intan yang bisa digunakan untuk dibuat batu mulia kira-kira hanya sekitar 20%, sebagian besar atau kebanyakan kristal intan tidak utuh dan tidak tembus pandang. Intan jenis inilah yang digunakan dalam industri, misalnya sebagai pisau pemotong kaca, alat pemotong kawat besi, mesin penguji batu mulia, dan masih banyak lagi yang menggunakan intan sebagai bahannya.

6. Bagaimana Cara Membersihkan Coretan Krayon di Dinding?
Kalian pasti sering mewarnai menggunakan krayon, kan? Bagaimana cara membersihkan coretan krayon bila kita tidak sengaja maupun sengaja mencoretkan krayon ke dinding? Meskipun bisa memakai pelarut untuk menghapusnya, sebenarnya masih ada cara lain yang lebih ampuh untuk membersihkannya. Gunakan kain lembut yang telah dioleskan pasta gigi, atau langsung oleskan pasta gigi pada noda krayon di tembok, kemudian gosok pelan-pelan. Cara ini tidak hanya bisa membersihkan, tapi juga tidak akan merusak permukaan benda.

7. Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Permen Karet Yang Menempel Di Baju?
Tidak perlu menusuk-nusuk dengan korek atau mencungkil-cungkil permen karet yang menempel di baju. Cukup gunakan kandungan permen karet untuk mengatasinya. Bahan utama dari permen karet adalah “campuran karet”. Sifat khasnya yaitu akan meleleh begitu terkena panas. Oleh sebab itu, saat terkena noda permen karet, kita hanya perlu menaruh kertas koran dan memanaskannya dengan setrika. Itu karena panas dari setrika dapat melelehkan permen karet dan membuatnya menempel pada kertas koran. Selain itu, bisa juga dengan cara mengoleskan es batu pada permen karet yang menempel. Setelah permen karet membeku dan mengeras, kita dapat dengan mudah melepaskannya.

8. Bagaimana Menghilangkan Noda Minyak Pada Baju?
Jika baju kita terkena noda minyak, sangat sulit untuk menghilangkannya dengan cara biasa. Tapi sebenarnya hanya dengan menggunakan setrika, kita dapat menghilangkannya dengan mudah. Terlebih dahulu letakkan kertas serap minyak atau kapas di tempat yang kena noda minyak. Lalu setrikalah dengan temperatur rendah sampai panas. Noda minyak pun akan secara alami berpindah ke permukaan kapas.

9. Mengapa Gelas Kaca Yang Terkena Panas Bisa Retak?
Menurut Hukum Charles, benda apapun bila ditambah temperaturnya, volumenya juga akan bertambah. Sama halnya dengan kaca. Setelah air panas dituang ke dalam gelas kaca, volume bagian dalam gelas kaca akan memuai dengan cepat. Belum lagi dikarenakan bagian luar gelas kaca yang tidak berubah, bagian luar kaca ini sangat mudah mendapat tekanan dari pemuaian bagian dalam kaca sehingga gelas akan pecah. Khususnya pada gelas kaca yang tebal. Karena kecepatan gelas tebal menghantar panasnya akan lebih lambat daripada gelas kaca yang tipis. Gelas dingin akan menutup rongga udara permukaan gelas bagian dalam. Ketika dituangi air panas. Air panas memiliki tekanan lebih tinggi dibanding udara dingin, sehingga mencari celah untuk keluar dari dalam gelas, selain melalui bagian atas gelas, juga mencari rongga dalam gelas, namun karena rongga gelas telah terisi udara dingin, tekanan yang hebat dari air panas memaksa rongga untuk terbuka, akibatnya gelas yang mendapat tekanan dari air panas tersebut pecah.

10. Bagaimana Cara Membetulkan Gelas Yang Retak?
Terlalu cepat menuangkan air panas ke dalam gelas kaca atau gelas keramik menyebabkan bagian dalam dan luar gelas mengalami kecepatan pemuaian dengan sangat cepat. Akibatnya, gelas sangat mudah pecah ataupun retak. Jika retakan ini tidak terlalu parah, kita dapat memasukkan gelas ke dalam susu,kemudian dipanaskan selama 4 sampai 5 menit. Setelah susu mendidih, barulah gelas diangkat. Retakan gelas pun menjadi nyaris tak terlihat.


Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS