-->

FOLLOW BY EMAIL

Wednesday, 24 April 2013

Tips Merawat Karpet




Tips Merawat Karpet - Punya kamar tidur atau ruang baca yang beralas karpet, memang asyik dan nyaman. Kalau teman-teman datang, kita bisa mengajaknya belajar atau membaca bersama sambil tiduran. Namun, kita juga mesti tahu cara menata dan merawatnya, agar karpet kita tetap indah, bersih, dan awet.  
 
Sesuaikan dengan luas ruangan
Selain ukuran yang mesti pas dengan ruangan, perhatikan pula coraknya. Hindari corak berukuran besar-besar untuk ruangan yang sempit. Sebab, hal itu akan membuat ruangan akan tekesan semakin sempit. Coba, beri pertimbangan kepada orangtua saat hendak membeli karpet. 

Ventilasi udara harus baik
Supaya karpet tidak lembab dan berbau, pastikan ventilasi atau perputaran udara di kamar atau ruang baca kita cukup  baik. Sebaiknya rajin membuka jendela atau pintu kamar saat tidak menggunakan AC.

Ubah posisi secara rutin
Alangkah baiknya kita ubah posisi karpet secara rutin, misalnya setiap 3 bulan sekali. Sebab, jika sering terkena matahari lewat jendela kamar, lama-lama warna karpet akan memudar.

Rajin dibersihkan
Karpet yang kurang dirawat akan menjadi sarang kutu dan debu. Padahal, kutu dan debu ini bisa mengganggu kesehatan saluran pernapasan kita. Oleh karena itu, kita mesti rajin membersihkannya dengan vacuum cleaner setiap 1 - 2 minggu sekali. Lalu, setiap 6 bulan sekali kita laundry atau kita cuci sendiri di rumah dengan sabun khusus karpet. Namun ingat, kalau dicuci sendiri, karpet mesti dijemur hingga kering, lalu bersihkan lagi dengan vacuum cleaner sebelum dipakai kembali.

Hindari menggosok dengan kain lap
Oh ya, jika karpet basah karena ketumpahan air, hindari cara mengeringkan dengan menggosok-gosokkan kain lap. Sebab, cara seperti itu akan membuat karpet cepat rusak. Cara yang disarankan adalah menempelkan kain lap atau sponge (busa penghisap) perlahan-lahan agar air terhisap. Setelah itu, kita angin-anginkan bagian yang basah itu sampai betul-betul kering.

Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS