Perbedaan Rabun Dekat dan Rabun Jauh - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Perbedaan Rabun Dekat dan Rabun Jauh

Perbedaan Rabun Dekat dan Rabun Jauh - Mata merupakan organ tubuh yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Bentuk dan warna mata setiap orang berbeda-beda, ada yang bulat, sipit, hijau daun, biru. Mata rabun merupakan masalah gangguan mata yang cukup serius, mata rabun terbagi menjadi 2 jenis, yakni rabun jauh ( miopia) dan rabun dekat (presbiopia ).

a. Rabun mata jauh atau yang biasa disebut Myopia
Myopia atau rabun jauh yang ditandai dengan gejala tidak mampu melihat suatu benda, membaca dengan jarak jauh, benda terlihat seperti samar-samar dan kemampuan menangkap objek atau benda agak sulit. Terkadang memaksa seseorang yang menderita rabun mata jauh ini sering mengeluarkan kotoran mata, mata cepat terasa lelah, kepala pusing dsb. Umumnya penderita rabun jauh ini banyak dialami mulai dari anak-anak berusia 10 tahun hingga remaja dewasa sekalipun. Untuk penderita rabun jauh memerlukan lensa cekung ( minus ).

Hal-hal yang menyebabkan mata rabun jauh adalah :
1. Belajar dalam cahaya yang kurang terang
2. Menonton televisi dengan jarak yang cukup dekat
3. Sering membaca sambil tiduran
4. Sering berada di depan komputer dengan pantulan cahaya yang cukup signifikan
5. Kurang istirahat, kurang tidur
6. Kurangnya asupan vitamin A
7. Kurangnya oksigen yang masuk melalui tiap urat syaraf
8. Kornea mata yang cukup merasa lelah karena padatnya rutinitas
9. Faktor keturunan
10. Sering begadang dsb.

b. Rabun mata dekat ( Presbyopia )
Presbyopia atau rabun dekat biasanya sering dialami pada seseorang yang telah berusia lanjut kisaran usia diatas 40 tahun. Biasanya mudah dikenali dengan penderita tidak dapat melihat, membaca dalam jarak cukup dekat. Sebagian besar penderita rabun dekat disebabkan oleh faktor usia yang semakin lama daya atau kemampuan organ tubuh yang semakin menurun. Untuk penderita rabun dekat memerlukan lensa cembung ( datar ).

Faktor- faktor yang menyebabkan rabun dekat
1. Faktor usia. Merupakan faktor utama yang membuat mata mengalami gangguan tidak dapat melihat, membaca dalam jarak yang cukup dekat
2. Jika membaca dalam jarak yang cukup dekat dengan objek. Objek atau benda seperti terlihat besar
3. Sebaliknya dengan rabun jauh. Seseorang yang teridentifikasi rabun dekat, mampu melihat objek atau benda jarak jauh dengan cukup jelas, hal ini disebabkan oleh retina dan kornea yang merupakan jaringan syaraf yang paling penting pada mata untuk menerima cahaya yang masuk.


Mata rabun umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti membaca sambil tiduran, pencahayaan yang kurang, kurangnya olahraga pada mata, mata kurang mendapatkan oksigen yang cukup, sering begadang, nonton televisi dengan jarak yang cukup dekat, faktor keturunan, faktor usia dsb.

Banyak masalah yang dapat ditimbulkan oleh mata tak hanya masalah mata rabun. Sebuah informasi yang didapat di Amerika hampir 3,3 juta penduduk amerika yang telah berusia 40 tahun keatas mengalami kebutaan dengan berbagai penyebab.

sumber
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon