-->

FOLLOW BY EMAIL

Saturday, 27 February 2016

8 Penemuan Terbesar Dalam Peradaban Manusia

Sekitar Dunia Unik - Sepanjang perjalanan hidup manusia di bumi ini, telah mengalami banyak sekali penemuan penting demi kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia. Memang sih penemuan-penemuan ini tidak semaju seperti sekarang ini.


Namun jangan salah guys, beberapa penemuan berikut ini justru dianggap penemuan terpenting dan terbesar dalam peradaban umat manusia. Penasaran penemuan apa sajakah itu? Yuk kita simak selengkapnya pada artikel kali ini tentang penemuan terbesar peradaban umat manusia berikut ini :

1. API

Api - Sekitar Dunia Unik

 picture : dzone.com

Nenek moyang kita dahulu hidup secara primitif dan belum mengenal yang namanya api. Berdasarkan hasil dari penemuan beberapa peneliti, manusia purba menemukan api secara tidak sengaja ketika petir menyambar pohon pada sebuah lingkungan koloni. Sejak saat itu, peradaban manusia mengalami kemajuan yang lebih baik dari sebelumnya dan ditemukanlah sistem cara memasak, berburu modern dan juga penerangan.

2. BAHASA

Berbagai Macam Bahasa - Sekitar Dunia Unik

 picture : ilmubarokah.wordpress.com

Penemuan api yang secara tidak sengaja, secara tidak langsung justru telah menciptakan gaya hidup koloni dan berkumpul. Karena manusia purba yang takut gelap pun mendekati sumber api. Mau tidak mau, hal ini mendorong terciptanya sebuah sistem komunikasi sesama mereka, yang kita kenal dengan bahasa. Disinilah kemudian peradaban manusia maju cukup pesat dan komunikasi antar sesama manusia pun menyebar ke seluruh daratan bumi.

3. RODA

Roda Kayu - Sekitar Dunia Unik
 picture : geocities.ws

Semakin maju dan pesatnya sebuah sistem komunikasi atau bahasa, kendala berikutnya yang dihadapi manusia purba kala itu adalah jarak dan medan. Kedua hal ini menjadi masalah di saat seseorang ingin saling berkunjung antar sesama, ditambah dengan kondisi daratan atau medan yang buruk. Dari sinilah sebuah benda bundar dengan poros di tengahnya ditemukan, yang kita kenal dengan nama roda. Akhirnya peradaban manusia semakin maju dengan diciptakannya kereta, kendaraan pertama yang ditemukan oleh manusia.

4. MESIU

Bubuk Mesiu - Sekitar Dunia Unik
 picture : id.wikipedia.org

Sejak zaman manusia purba, seringkali terjadi yang namanya peperangan. Perang terjadi antar manusia, bahkan sejak zaman manusia primitive, sebelum ditemukannya mesiu, perang terjadi secara dekat dan menggunakan senjata tajam seperti tombak dan panah. Semenjak ditemukannya mesiu, terbentuklah ide-ide untuk menciptakan senjata perang yang sangat jauh jaraknya, seperti meriam, senjata jarak jauh dan lain sebagainya. Tidak heran, mesiu merupakan salah satu penemuan paling besar dalam sejarah peradaban manusia.


Bahan campuran yang digunakan untuk membuat bubuk mesiu atau bubuk hitam adalah belerang, kalium nitrat dan arang, sehingga bahan peledak ini dapat membakar dengan sangat cepat, sekaligus sebagai bahan pendorong pada senjata api dan juga kembang api. Seorang ahli kimia asal Cina pada abad ke-9 menemukan bubuk mesiu ketika sedang mencoba membuat ramuan untuk kehidupan abadi.

Beberapa percobaan kimia selama berabad-abad lamanya, diperkirakan menjadi awal mula ditemukannya bubuk mesiu. Kalium nitrat sendiri telah ditemukan oleh kebudayaan Cina pada pertengahan abad ke-1. Banyak bukti yang menerangkah bahwa penggunaannya bersama dengan belerang telah banyak dipakai sebagai obat. Di tahun 492, ditemukan sebuah tulisan tentang kimia dari Cina yang menuliskan bahwa kalium nitrat menghasilkan api ungu ketika dibakar, sehingga membuatnya dapat dikenali dan dipelajari lebih lanjut.

5. UANG


Uang Logam Rupiah - Sekitar Dunia Unik

 picture : delcampe.net

Sebagai makhluk sosial, tentu saja mereka saling membutuhkan satu sama lainnya. Guna memudahkan ketika melakukan transaksi dengan manusia lainnya, mereka menciptakan sebuah sistem tukar menukar di dalam kehidupan sosialnya yang kita kenal dengan barter. Namun semenjak ditemukannya uang sebagai alat pembayaran, maka sistem barter pun menghilang. Hal ini tentu saja sangat memudahkan kita ketika akan melakukan transaksi, tanpa perlu repot membawa barang untuk ditukar dengan barang lainnya, hanya cukup dengan membawa uang.

6. LISTRIK

Foto Michael Faraday - Sekitar Dunia Unik

 picture : britannica.com

Listrik atau kelistrikan sebenarnya sudah ada di alam ini semenjak awal diciptakannya bumi. Banyak para ilmuwan atau tokoh yang berpartisipasi dalam dunia kelistrikan, sebut saja, Hans C. Cersted, Alesandro Volta, de Coulomb dan juga Andre Marie Ampere. Mereka semua dianggap sebagai jagonya di bidang listrik. 


Namun dari deretan nama diatas, ada satu nama yang tidak boleh dilupakan yang telah sangat berjasa dan dikenal sebagai perintis dalam dunia listrik dan magnet. Ya, dialah Michael Faraday, seorang ilmuwan asal Inggris. Ia menemukan motor listrik pertama di dunia, sebuah skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat suatu benda menjadi bergerak. Meskipun terbilang primitif, namun penemuan Michael Faraday ini merupakan ‘nenek moyang’ dari semua motor listrik yang digunakan di dunia sekarang ini.

Semenjak penemuannya yang pertama di tahun 1821 ini, nama seorang Michael Faraday, si ilmuwan ototidak ini semakin terkenal. Hasil penemuannya dianggap sebagai pembuka jalan dalam bidang kelistrikan.

7. TELEKOMUNIKASI

Antonio Meucci - Sekitar Dunia Unik
picture : en.wikipedia.org

Semenjak listrik ditemukan, terdapat sebuah penemuan yang mengubah dunia guna memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Adalah Antonio Santi Giuseppe Meucci (13 April 1808-18 Oktober 1889), merupakan seorang penemu asal Italia yang menemukan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial, yakni telepon.

Umumnya kita mengenal penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, namun seorang imigran asal Firanze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci-lah yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871. Selama  ini, Alexander Graham Bell dikenal sebagai bapak telepon. Sebuah kongres Amerika Serikat menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telepon pada 11 Juni 2002.

8. WORLD WIDE TRANSACTION

Kartu Kredti Visa dan MasterCard - Sekitar Dunia Unik
 picture : dayair.org

Dibanding penemuan yang lainnya, justru penemuan inilah yang dianggap paling modern. Sebuah sistem transaksi maya yang menciptakan sistem bisnis dan pertukaran uang yang modern, seperti investasi, saham dan lain sebagainya. Selain itu, penemuan ini juga menghasilkan sistem pembayaran melalui kartu kredit yang menjadi terobosan sistem populer di dunia.

Semoga bermanfaat.
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
4 Comments

4 comments:

Chiisana Sekai said...

Internet mas, tanpa internet gak bakal ada tekhnologi secanggih sekarang. Trus blog ini juga gak akan pernah ada tanpa internet

Syahran Syah said...

Yang pasti BAHASA itu ya bang Hendra yang paling siippp..kalau ga ada Bahasa pada bengong semua kita..plenga plengo ga karuan..hahhaaa

Hendra Suhendra said...

@Chiisana Sekai

Ya jelas itu mas, tapi cikal bakalnya dari listrik dulu mas. Siip nih

Hendra Suhendra said...

@Syahran Syah

Iya betul banget, bayangin aja kalo nggak ada bahasa, macam mana kita nak cakap cakap

FOLLOWERS