-->

FOLLOW BY EMAIL

Tuesday, 8 March 2016

Temukan 10 Hal Unik Berikut Hanya di Australia

Sekitar Dunia Unik – Banyak sekali fakta unik yang bisa kita dapatkan dari berbagai belahan di dunia ini, baik itu dari segi kehidupan manusia, kebiasaan suatu adat/kaum, perilaku manusia sampai pada sebuah peraturan perundang-undangan.



Seperti yang mimin lansir dari laman Boombastic, bahwasanya setidaknya terdapat 10 hal unik yang hanya ada di Australia, dimana setiap kejadian unik tersebut akan membuat Anda merasa heran sampai berdecak kagum.

Baca juga -> 7 Pulau Paling Misterius dan Aneh di Dunia

Australia yang penduduk awalnya adalah suku Aborigin, merupakan negara persemakmuran Inggris dengan luas wilayah mencapai 8.468.000 km2. Yuk kita lihat ke-10 hal unik yang hanya ada di Australia berikut ini :


1. Gunung Kekecewaan (Mt. Disappointment)

Gunung Kekecewaan - Sekitar Dunia Unik
picture : boombastis.com

Gunung yang menyerupai bentuk bukit-bukit berpuncak ini terletak di Victoria, Australia, sekitar 60 kilometer dari Melbourne. Gunung ini terletak tepatnya di hutan daerah Victoria Selatan dengan ketinggian mencapai 800 meter atau 2600 kaki.

Status gunung tersebut dilindungi yang merupakan bagian dari Kinglake National Park sejak tahun 1885 silam. Dalam bahasa Inggris, mereka menyebutnya dengan Mt. Disappoinment atau gunung kekecewaan. Hmmm.. ada yang tahu kenapa dijuluki gunung kekecewaan??


2. Mengekspor Unta ke Saudi Arabia

Seekor Unta - Sekitar Dunia Unik
picture : tabiyah.com

Ternyata negara sekelas Saudi Arabia yang notabene dipenuhi oleh hewan unta, masih membutuhkan import unta juga ya. Ribuan unta asal Australia ini dikirim untuk dikonsumsi melalui kota pelabuhan Australia, Darwin, dengan tujuan Saudi Arabia.

Saudi Arabia memang fokus pada pengembang biakkan unta domestic dan untuk adu kecepatan unta, makanya mereka memilih meng-import unta asal Australia ini sebagai konsumsi yang layak.


3. Kota Docker River

Kota Docker River - Sekitar Dunia Unik
picture : wikimedia.org

Sebuah kota kecil di pedalaman Australia dengan jumlah penduduk tidak lebih dari 600 jiwa, pernah diserbu oleh sekawanan unta liar yang kehausan mencari air, bahkan lebih parahnya lagi, sampai memasuki rumah para warga. Tidak itu saja, kawanan unta liar yang mencapai ribuan tersebut, kerap mengamuk di jalanan dan merusak apapun yang dilewatinya. Bahkan tidak jarang juga ada unta yang mati terinjak-injak oleh kawannya sendiri.


4. Di wilayah Victoria, Hanya Tukang Listrik yang Boleh Mengganti Bola Lampu

Bohlam - Sekitar Dunia Unik
picture : i.ytimg.com

Sebuah peraturan yang terbilang cukup unik diterapkan di wilayah Victoria. Peraturan tersebut mengharuskan HANYA tukang listrik berlisensi atau memiliki izin dari pemerintah yang berhak untuk mengganti bola lampu. Baik bagi gedung-gedung umum maupun bagi rumah pribadi.

Atas dasar keselamatan dan standard listrik yang dimiliki Australia, menjadi alasan yang mengharuskan setiap warganya untuk mengikuti peraturan tersebut. Adapun hukuman yang dikenakan berupa denda sebesar $20 bagi yang melanggarnya.


5. Keanehan Danau Merah Muda

Danau Merah Muda - Sekitar Dunia Unik
picture : silverbirdsafari-africa.com

Di Australia bagian barat, terdapat sebuah fenomena  cukup mengejutkan, yakni ada sebuah danau yang berwarna merah muda yang dikelilingi bukit pasir dan hutan lebat dengan ukuran mencapai 600 meter. Ini bukanlah rekayasa cahaya, melainkan memang benar-benar nyata adanya.

Hal ini berdasarkan pada sebuah hipotesis yang mengatakan bahwa perubahan warna air pada danau tersebut dipengaruhi pada kandungan garam yang membuat alga dan archaea untuk memunculkan corak air merah muda yang permanen pada air. Fakta yang didapat adalah kadar garam di danau pink ini mencapai sepuluh kali lipat kadar garam laut.


6.“Hungry Jack’s” brand vs Burger King di Australia

Hungry Jacks - Sekitar Dunia Unik
picture : resources1.news.com.au

Anda mencari brand burger yang sudah terkenal di Indonesia macam Burger King? Jangan harap Anda akan menemukannya. Apa pasal? Pada awalnya, sejak kali pertama Burger King memutuskan untuk mengembangkan sayapnya ke Australia, ternyata telah ada nama yang sejenis, tepatnya di wilayah Adelaine.

Oleh karena hal tersebut, maka namanya pun dirubah menjadi Hungry Jack’s yang diambil dari Jack Cowin, seorang pengusaha yang mengembangkan bisnis tersebut ke Australia. Hungry Jack’s telah memiliki lebih dari 300 gerai di Australia.

Baca juga -> Kiper Paling Santai Dalam Sejarah Piala Dunia


7. Manusia tidak mengetahui sebanyak 7,75% Spesies yang Hidup di Australia

Laba-laba Raksasa - Sekitar Dunia Unik
picture : blogs.plos.org

Berdasarkan Horwitz et al. (1999), menyatakan di Benua Australia terdapat lebih dari sepuluh juta spesies yang telah diketahui. Namun ternyata masih 75%-nya lagi belum diketahui. Itu artinya, masih dalam penelitian para ahli. Mungkin bagi Anda yang merasa peneliti spesies makhluk hidup, pencinta hewan maupun penyuka tantangan, Australia menjadi tempat yang tepat untuk Anda jelajahi. Berani mencobanya??


8. Kota Batmania

Kelelawar Menggantung - Sekitar Dunia Unik
picture : amazine.co

Nama kota Melbourne, salah satu kota sibuk di Australia, dulunya memiliki julukan sebagai kota ‘batmania’. Julukan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan pendahulunya yang bernama John Batman. Kata ‘batman’ ini juga dijadikan salah satu nama jalan dan taman di Melbourne.

Julukan batmania ini sangatlah pas, mengingat Australia merupakan surga bagi kelelawar. Tidak itu saja, jutaan kelelawar yang hidup di Australia justru berstatus dilindungi, bahkan Anda pun dapat melihatnya pada pohon-pohon di sepanjang jalan.


9. Burung Emu, Maju Terus, Pantang Mundur

Seekor Burung Emu - Sekitar Dunia Unik
picture : tajuk.co

Keunikkan pada burung Emu adalah tidak bisa terbang. Burung sih, tapi tidak bisa terbang. Tidak itu saja, burung dengan ukuran terbesar ke-2 di dunia setelah burung Ostrich ini selalu berjalan maju alias tidak pernah bisa berjalan mundur.

Burung dengan berat badan mencapai 55 kilogram ini menjadi symbol negara Australia (selain kanguru), yang dijumpai di emblem-emblem kenegaraan. Makna filosofisnya adalah, negara Australia selalu maju dan pantang mundur.


10. Never Never River di Australia

Sungai Never Never di Australia - Sekitar Dunia Unik
picture : listupon.com

Danau dengan panjang mencapai 9 kilometer ini terletak di perbatasan bagian utara tengah New South Wales, Australia. Kedalamannya mencapai 210 kaki dengan aliran air yang sangat tenang, sepoi-sepoi dan pemandangan yang sangat indah.

Namun dibalik itu semua, konon, danau ini dianggap sebagai tempat gaib bagi siapa saja yang berkunjung ke sana. Tidak tertutup kemungkinan, segala hal dapat saja terjadi di danau ini. Anda berani mencoba berkunjung dan membuktikannya??

Demikian ke-10 hal unik yang hanya ada di Australia. Ada yang sudah pernah berkunjung ke Australia?? Kalau ada yang mau kesana, jangan lupa ajak mimin juga ya, hehehe…

Semoga bermanfaat.
Get Free Updates
Follow us on:
facebook gplus rss
Comments
0 Comments

No comments:

FOLLOWERS